kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansi Laku Pandai, BTPN incar Indonesia Timur


Selasa, 14 Juni 2016 / 20:36 WIB
Ekspansi Laku Pandai, BTPN incar Indonesia Timur


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menargetkan jumlah nasabah dan agen laku pandai bisa mengalami kenaikan pada semester II-2016. Hal ini dilakukan dengan melakukan beberapa strategi, pertama adalah dengan melakukan ekspansi jangkauan daerah laku pandai di daerah Indonesia Timur.

Luhur Budijarso, Chief of Marketing BTPN Wow mengatakan, sampai Mei 2016, jumlah agen BTPN Wow adalah sebesar 32.000. 

Kebanyakan agen ini berasal dari daerah seperti Jawa Bali dan Nusa Tenggara. Kedepannya, BTPN akan fokus ke daerah lain di luar pulau Jawa seperti Indonesia Timur. Diharapkan pada Maret 2017 tahun depan, jumlah agen bank berkode BTPN adalah sebesar 75 ribu agen.

“Selain ekspansi jangkauan daerah laku pandai, kami juga akan menggaet komunitas sepakbola dengan menjalin partnership dengan Liga Torabika Soccer Champhionship,” ujar Luhur, Selasa, (14/6).

Sekretaris Perusahaan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), Anika Faisal mengharapkan dengan kerjasama partnership dengan Liga Torabika Soccer Champhionship, maka akan mengenalkan produk BTPN Wow kepada masyarakat. Selanjutnya menurut Anika diharapkan bisa menambah jumlah nasabah dan agen yang mau bergabung dengan laku pandai BTPN.

“Berdasarkan catatan kami ada 150 ribu sampai 200 ribu masyarakat yang datang untuk menonton sepak bola perminggu, jadi kami rasa sepakbola merupakan salah satu komunitas yang bisa menjaring angka luar biasa,” ujar Anika, Selasa, (14/6).

Anika mengatakan, sampai mei 2016, tercatat ada sebesar 480rb agen BTPN Wow. 

Selain memperluas ekspansi wilayah dan kerjasama dengan komunitas sepakbola, BTPN juga bekerjasama dengan Telkomsel untuk memperkuat jaringan telekomunikasi. Kerjasama dengan Telkomsel ini disebabkan karena jumlah pelanggan operator telekomunikasi ini tercatat salah satu yang terbesar yaitu sebesar 150 juta pelanggan.

Nantinya, BTPN juga akan menggunakan jaringan Telkomsel dan fasilitas teknologi untuk memudahkan customer dan agen dalam melakukan transaksi. Selain itu, nantinya diharapkan Bank BTPN Syariah bisa menggunakan produk BTPN Wow. Diharapkan hal ini bisa memperluas pasar yang ada saat ini.

Sebagai gambaran sampai 15 April 2016 jumlah dana yang terkumpul di BTPN Wow adalah sebesar Rp 45 miliar. Jumlah dana tabungan yang terkumpul dari laku pandai ini berasal dari 455 ribu nasabah dari 1,143 titik daerah.

Sedangkan hingga akhir tahun BTPN menargetkan jumlah agen mencapai 75.000 dengan jumlah nasabah mencapai sekitar satu juta nasabah. 

Sebagai informasi, dalam memilih agen, BTPN menerapkan beberapa indikator. Pertama adalah kepercayaan ke komunitas, kedua adalah kesehatan keuangan, ketiga adalah bagaimana agen bisa berinteraksi dengan teknologi, keempat adalah kemampuan untuk menarik dan melayani nasabah dan terakhir adalah terkait dengan eksklusifitas agen.

Luhur mengatakan target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan ponsel serta mengisi pulsa. Sehingga, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

Seperti diketahui, BTPN Wow! Merupakan program laku pandai Bank BTPN yang fokus melayani pasar masyarakat berpenghasilan rendah, pelaku UMKM dan masyarakat prasejahtera produktif (mass market).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×