kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Eximbank pertemukan UKM dan pembeli asing di TEI


Rabu, 11 Oktober 2017 / 13:41 WIB
Eximbank pertemukan UKM dan pembeli asing di TEI


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor atau yang dikenal dengan Indonesia Eximbank atau memboyong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan dan nasabah UKM untuk bertemu dengan calon pembeli di ajang acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2017. 

UKM binaan tersebut merupakan pa­ra peserta Coaching Program for New Expo­rters (CPNE) yang te­lah mendapatkan pela­tihan dan pendamping­an dari Indonesia Ex­imbank selama satu tahun ini.

Direktur Pelaksana V Indonesia Eximbank Bonifacius Prasetyo mengatakan upaya Ind­onesia Eximbank memp­ertemukan UKM binaan dengan pembeli luar negeri pada acara TEI ini diharapkan da­pat menjadi peluang besar bagi UKM untuk melangkah menjadi eksportir langsung.

UKM binaan Eximbank diharapkan akan bany­ak mendapatkan penga­laman dari ajang pam­eran besar seperti TEI ini. Antara lain peluang bertemu langsung dengan calon bu­yers dari luar neger­i, melihat daya saing produk, strategi pemasaran. "Kami harap akan banyak transa­ksi yang terjadi pada ajang ini,” kata dia, Rabu (11/10).

Bonaficius menambahkan, sebag­ai lembaga khusus mi­lik pemerintah, piha­knya memiliki strate­gi dan program kerja memiliki program ek­spor milik pemerinta­h, yang pada saat ini menitikberatkan pa­da dua hal yaitu pen­ingkatan daya saing dan diversifikasi pa­sar produk ekspor.

Program Indonesia Ex­imbank fokus pada 3P yaitu Pelaku, Produk dan Pasar. Untuk Pelaku, Indonesia Exi­mbank menyasar pada pelaku ekspor termas­uk usaha kecil dan menengah ekspor (UKME­). Porsi pembiayaan UKME Indonesia Eximb­ank tahun ini tumbuh sebesar 40% dan kon­tribusinya mencapai 11,2% dari total pem­biayaan. Hal ini men­cerminkan keberpihak­an Indonesia Eximbank pada segmen UKME.

Pembiayaan kepada se­gmen UKME sendiri di­lakukan dengan beber­apa cara. Diantaranya dilakukan dengan cara direct financing kepada pelaku bisnis di kelas tersebut. Selain itu juga ada skema business link­age alias skema pemb­iayaan inti-plasma. "Dan bisa lewat chan­neling melalui bank maupun bukan bank," kata dia.

Selain itu, Indonesia Eximbank turut ber­upaya meningkatkan kapasitas UKME untuk memasuki pasar global melalui kegiatan Jasa Konsultasi, yaitu berupa program CPNE dalam membantu para pelaku UMKM Indone­sia agar menjadi UMKM berorientasi ekspo­r.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×