Reporter: Ferry Saputra | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lima brand services penyedia layanan pembiayaan milik PT Federal International Finance (FIF) tercatat mengalami penurunan dan kenaikan kinerja pada kuartal I-2024. Adapun lima brand services tersebut, yakni FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA.
Mengenai hal itu, Presiden Direktur PT FIF Siswadi mengatakan, pembiayaan sepeda motor Honda dari FIFASTRA secara nilai penyaluran pembiayaan maupun jumlah booking unit mencatatkan pertumbuhan masing-masing sebesar 5,5% Year on Year (YoY) dan 5,4% YoY menjadi Rp 7 triliun dan 418 ribu unit pada kuartal I-2024.
Baca Juga: Naik 16,5%, FIF Raih Laba Bersih Rp 1,1 Triliun pada Kuartal I-2024
"Untuk pembiayaan multiguna oleh DANASTRA mengalami kenaikan secara nilai penyaluran pembiayaan sebesar 3,3% YoY menjadi Rp 3,5 triliun pada kuartal I-2024," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (2/5).
Namun, Siswadi bilang booking unit mengalami penurunan sebesar 2,7% YoY menjadi 358 ribu unit pada kuartal I-2024.
Selain itu, Siswadi menerangkan AMITRA yang menyediakan layanan pembiayaan syariah haji dan umrah dengan kenaikan nilai penyaluran pembiayaan yang mencapai 8% YoY menjadi Rp 124 miliar.
Meskipun demikian, terdapat penurunan tipis sebesar 0,9% YoY pada booking unit menjadi 4.898 unit hingga kuartal I-2024.
Baca Juga: Tembus Rp 4,1 Triliun, Laba FIF Naik 29,4% pada Tahun 2023
Dari sektor pembiayaan alat elektronik, gadget, hingga perabot rumah tangga yang disediakan oleh SPEKTRA dan juga pembiayaan mikroproduktif dari FINATRA tercatat mengalami penurunan sebesar 20,5% YoY dan 15,2% YoY menjadi Rp 101 miliar dan Rp 293 miliar.
Dari sisi jumlah unit yang dibiayai, Siswadi menyampaikan juga terjadi penurunan pada SPEKTRA sebesar 20,6% YoY menjadi 20.855 unit pada kuartal I-2024, sedangkan pada FINATRA terjadi peningkatan sebesar 1,7% YoY menjadi 4.125 unit.
Siswadi mengungkapkan bahwa terjadi pergeseran perilaku masyarakat pada Ramadan 2024, khususnya menjelang mudik pada kuartal-I 2024.
Dengan demikian, masyarakat cenderung memprioritaskan pengeluaran untuk mendukung kebutuhan yang berkaitan dengan mudik menjelang Lebaran, seperti sepeda motor, dana tunai, dan dana syariah.
Baca Juga: FIF Cetak Kenaikan Piutang Pembiayaan Selama Ramadan 2024
“Sejak awal puasa, masyarakat pada umumnya sudah mempersiapkan diri untuk menyambut libur Lebaran. Pengeluaran mereka akan diprioritaskan untuk hal-hal yang berkaitan dengan Lebaran tersebut, seperti sepeda motor, dana tunai, serta ibadah umrah,” kata Siswadi.
Sebagai informasi, FIF berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 1,1 triliun pada kuartal I-2024. Nilai itu meningkat sebesar 16,5% secara YoY.
FIF juga mencatat pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 3,8% secara YoY menjadi Rp 11 triliun pada kuartal I-2024.
Selain itu, FIF mengalami kenaikan dari sisi jumlah unit yang dibiayai atau booking unit menjadi 805 ribu unit atau tumbuh sebesar 0,8% YoY pada kuartal I-2024.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News