kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,77   -10,78   -1.19%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fintech 360Kredi Terapkan Sejumlah Langkah Guna Tekan Angka Kredit Macet


Rabu, 03 April 2024 / 13:32 WIB
Fintech 360Kredi Terapkan Sejumlah Langkah Guna Tekan Angka Kredit Macet
ILUSTRASI. Fintech P2P 360Kredi


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fintech peer to peer (P2P) lending 360Kredi menerapkan sejumlah langkah untuk menekan angka kredit macet. Berdasarkan situs resmi perusahaan, angka TKB90 360Kredi pada 2 April 2024 sebesar 98,49%.

CEO 360Kredi Kuseryansyah mengatakan kredit macet adalah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Namun, kata dia, hal itu bukan menjadi hambatan untuk terus tumbuh dan melayani borrower perusahaan.  

"Justru menjadi dorongan kami untuk terus berinovasi. Misalnya, dengan memperkuat proses penilaian kredit, pengetatan credit scoring, tetap melakukan pendekatan yang humanis terhadap proses panagihan, serta pemanfaatan teknologi," katanya kepada Kontan, Selasa (2/4).

Baca Juga: Tekan Angka Kredit Macet, Sejumlah Fintech Lending Terapkan Strategi Jitu

Kuseryansyah menerangkan sistem e-KYC yang saat ini dimiliki sudah baik, tetapi seiring berjalannya waktu tetap dibutuhkan inovasi dan investasi demi efisiensi dan efektivitas e-KYC. Berdasarkan itu semua, dia bilang yang paling penting adalah memastikan keberlanjutan penyaluran pendanaan kepada borrower tetap terjaga dan terlayani dengan baik. 

Kuseryansyah memproyeksikan angka kredit macet akan terjaga dengan berbagai mitigasi yang sudah diterapkan perusahaan. Namun, dia menyadari bahwa kondisi ekonomi belum stabil sehingga 360Kredi akan terus mengamati dan mengevaluasi faktor-faktor eksternal yang akan berdampak pada kredit macet perusahaan.

Kuseryansyah juga memperkirakan penyaluran pendanaan perusahaan akan terus mengalami pertumbuhan. Dia menyampaikan pertumbuhan tersebut dipengaruhi dari berbagai macam faktor. Hingga kuartal I-2024, 360Kredi telah menyalurkan total pendanaan hingga Rp 2,4 triliun. 

"Prospek tahun ini, 360Kredi cukup optimistis untuk tumbuh lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu," kata Kuseryansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×