kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Fintech Alami targetkan salurkan pinjaman syariah Rp 100 miliar tahun ini


Jumat, 18 Mei 2018 / 18:28 WIB

Fintech Alami targetkan salurkan pinjaman syariah Rp 100 miliar tahun ini
ILUSTRASI. Ilustrasi industri syariah dan keuangan syariah


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agregator financial technology (Fintech) ALAMI targetkan penyaluran pembiayaan syariah sekitar Rp 100 miliar sampai akhir tahun 2018. Penyaluran ini fokus ke nasabah dari Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

CEO dan Founder Alami Sharia Dima Djani mengatakan, pihaknya berupa mencapai target tersebut melalui kerja sama dengan komunitas bisnis dan perbankan syariah. Selain itu, diperkuat dengan bantuan pemasaran digital, yang bisa dijangkau banyak orang.

“Harapan kami, sampai akhir tahun 2018 Alami bisa menjembatani saluran pinjaman sampai dengan Rp 100 miliar ke nasabah UMKM. Pada dasarnya kami mematok target yang rasional, di mana fokus Alami saat ini adalah memperkuat basis edukasi mitra dan pasar terhadap model bisnis ALAMI,” kata Dima kepada Kontan.co.id, Jumat (18/7).

Adapun nilai pinjaman yang disalurkan bervariasi, dari mulai Rp 200 juta hingga Rp 30 miliar. Tiap pinjaman menggunakan skema tenor 1-5 tahun. Sedangkan terkait bunga pinjamam, Alami mengikuti penetapan margin di tiap bank.

Sepanjang bulan Januari hingga April 2018, Alami telah salurkan kredit kepada 5 UMKM yaitu sekitar Rp 15,5 miliar.

Awalnya, Alami memperoleh suntikan dana dari angle investor, yaitu berasal dari teman dan keluarga terdekat. Alami memperoleh profit dari skema monetisasi atau website yang dikelola untuk mendapatkan uang, di mana tiap transaksi yang sukses dari nasabah, maka Alami akan mendapatkan fee sekitar 1%.

Alami merupakan marketplace dan agregator yang memberikan pinjaman modal kerja berbasis syariah. Platform ini cenderung mengincar nasabah dari kalangan UMKM yang berasal dari anak-anak muda berusia produktif, melek teknologi dan kecendrungan memilih produk dengan pertimbang nilai spiritual.

 


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Sanny Cicilia

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×