kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FWD Group akan beli saham baru BRI Life, BRI tetap mayoritas


Sabtu, 20 Juni 2020 / 07:20 WIB
FWD Group akan beli saham baru BRI Life, BRI tetap mayoritas


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menggandeng FWD Group untuk membesarkan anak usaha asuransi, yakni PT Asuransi BRI Life (BRI Life). Kedua pihak telah menandatangani conditional share subscription agreement untuk menyuntikkan modal dalam bentuk saham baru ke BRI Life.

“FWD akan menyuntikkan modal kepada BRI Life, namun BRI masih akan menjadi pemegang saham mayoritas di BRI Life. Setelah proses transaksi tuntas, BRI dan BRI Life akan membuat perjanjian kerja sama selama 15 tahun untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa,” ujar Sunarso, Direktur Utama BRI, dalam siaran pers, Jumat (19/6).

Transaksi ini masih dalam proses persetujuan regulator dan pemangku kebijakan terkait lain. Dalam membantu penyelesaian transaksi ini, BBRI menunjuk Morgan Stanley sebagai konsultan finansial, Hadiputranto Hadinoto & Partner sebagai konsultan hukum serta Pinnacle sebagai konsultan aktuaria.

Baca Juga: Soal Kookmin Bank, DPR: Investor asing penting untuk perekonomian nasional

FWD akan melakukan penambahan modal sehingga menjadi pemegang saham minoritas yang signifikan di BRI Life. "Untuk penambahan modal tersebut, BRI Life akan menerbitkan saham baru," ungkap Amam Sukriyanto, Sekretaris Perusahaan BRI dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (19/6).

Sunarso menambahkan bahwa kerjasama ini akan berdampak positif bagi semua pihak, termasuk para nasabah dan pemangku kepentingan lainnya. BRI akan memperkuat value proposition bagi para nasabahnya.

Kemudian, BRI Life akan mendapatkan manfaat dari expertise yang dimiliki FWD sebagai perusahaan yang sudah mapan di bancassurance. Sehingga membantu BRI Life memperkaya pengembangan produk, distribusi, underwriting, risk management, operasional dan teknologi digital. Bagi FWD, kerja sama ini menjadi kesempatan yang besar untuk memperkuat kehadiran dan komitmennya terhadap pasar di Indonesia serta mempertegas eksistensinya sebagai perusahaan terdepan di industri bancassurance.

Baca Juga: FWD Group bakal menyuntik modal ke BRI Life

Sekadar informasi, berdasarkan laporan keuangan BBRI kuartal pertama, bank pelat merah ini memiliki 91,001% saham BRI Life. Sedangkan Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI memiliki 8,999% saham BRI Life.

Pada kuartal pertama 2020, pendapatan premi BRI Life mencapai Rp 1,38 triliun, naik 16,95% secara tahunan. Total aset BRI Life pada akhir Maret 2020 mencapai Rp 10,93 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×