CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Gandeng Rintis Sejahtera, ATM Bank DKI Bakal Bisa Dipakai Bertransaksi di Luar Negeri


Jumat, 27 Mei 2022 / 13:48 WIB
Gandeng Rintis Sejahtera, ATM Bank DKI Bakal Bisa Dipakai Bertransaksi di Luar Negeri
Penandatangan kerja sama Bank DKI dengan PT Rintis Sejahtera.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI melakukan kerjasama dengan PT Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA dalam rangka perluasan transaksi antar negara atau cross border

Kerjasama layanan cross border ini akan dilakukan melalui jaringan ATM Union Pay International (UPI) dan Asian Payment Network (APN) yakni Paynet-Malaysia, ITmX-Thailand, dan KFTC-Korea.

Keduanya melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama pada Jumat (27/5). Kerjasama ini akan menjadikan Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama dalam jaringan transaksi pembayaran di luar negeri. 

Baca Juga: Sinergi BPD SI, Bank DKI Tanda Tangani MoU Pembayaran Digital dengan Bank NTT

Direktur Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, melalui kerjasama ini maka kebutuhan nasabah untuk dapat bertransaksi di luar negeri dengan menggunakan kartu ATM Bank DKI akan dapat terpenuhi. “Ini khususnya untuk nasabah yang akan ke luar negeri untuk berwisata, bekerja, berbisnis, belajar maupun untuk kebutuhan ibadah,” kata dia, Jumat (26/5).

Kehadiran UPI dan APN dalam kerjasama tersebut merupakan langkah strategis Bank DKI yang bermitra dengan Rintis Sejahtera untuk lebih bersaing dengan bank swasta nasional dalam menyediakan layanan perbankan terpercaya. 

Dalam kerjasama ini, Bank DKI akan menjadi inssuer dan acquirer dimana ada dua jenis kartu debit yang bisa digunakan bertransaksi di luar negeri yakni debit berlogo GPN dan berlogo UnionPay.

Baca Juga: Inilah Lima BPD dengan Aset Terbesar di Indonesia

Suryono Hidayat Direktur Marketing Pt rintis Sejahtera mengatakan, layanan transaksi cross border melalui jaringan UPI dapat digunakan di 180 negara, salah satunya di Arab Saudi. Dengan demikian, nasabah Bank DKI yang sedang menjalankan ibadah Umroh dan Haji akan dimudahkan karena bisa melakukan transaksi tarik tunai, cek saldo hingga bertransaksi di mesin EDC. 

Secara global, sudah ada 55 juta merchant yang dapat menerima transaksi UnionPay. Sementara jumlah kartu debit Bank DKI per Maret 2022 terdapat sebanyak 3,92 juta.

“Rintis Sejahtera menyambut baik kerjasama dengan Bank DKI dalam rangka perluasan jaringan transaksi di luar negeri. Dalam hal ini, kami menyiapkan infrastrukturnya,” pungkas Suryono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×