kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot fee based, Maybank gaet Kals Star Aviation


Kamis, 15 Oktober 2015 / 18:19 WIB
Genjot fee based, Maybank gaet Kals Star Aviation


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menjalin kemitraan strategis dengan PT Kal Star Aviation di bidang cash management. Kemitraan ini dalam bentuk bantuan layanan pembayaran atas pemesanan tiket Kal Star Aviation.

Layanan pembayaran melalui solusi Corporate On Line Payment (CoOLPAY) yang dimiliki Maybank Indonesia.

Direktur Perbankan Global Maybank Indonesia, Eri Budiono mengatakan, dengan kemitraaan ini, maka biro perjalanan akan dimudahkan dalam melakukan pembayaran atas pembelian tiket Kal Star Aviation secara online dan real time melalui CoOLPAY.

Seperti diketahui, CoOLPAY adalah solusi cash management payment gateway berbasis internet yang disediakan Maybank Indonesia.

“CoOLPAY memudahkan Kal Star Aviation dalam memantau pembayaran tiket dari biro perjalanan. Dengan fasilitas ini, Kal Star Aviation secara langsung dapat menerima laporan secara online dan real time,” ujar Eri, Kamis, (15/10).

Nantinya, menurut Eri, Maybank akan benar-benar memanfaatkan kerjasama ini untuk meningkatkan fee based dan menggaet end user dari Kal Star untuk menggunakan jasa Maybank dalam bertransaksi perbankan.

Sampai September 2015, jumlah travel agent Kals Star sebanyak 600 agen. Nah dari jumlah itu, sebanyak 20 travel agent sudah bergabung menjadi nasabah Maybank Indonesia.

Head of Commercial Kal Star Aviation, Moch. Zainuddin mengatakan, saat ini perseroan sudah mempunyai 13 unit armada baik dalam bentuk jet maupun propeler. Armada tersebut melayani 200 rute domestik, 32 rute internasinal dan 24 kota di Indonesia. 

Kal Star  memperkirakan, jumlah penumpang sampai akhir tahun mencapai 12 juta orang.

Menurut Zaenuddin, pihaknya memandang penting transaksi online yang dilakukan oleh nasabah. “Dengan kerjsama ini diharapkan sampai akhir tahun penjualan bisa naik sebesar 30%,” ujar Zainuddin.

Sebagai gambaran, sampai semeter 1 2015, tercatat fee based yang berhubungan dengan cash management menyumbang sebesar 30% dari total fee based global banking.

Ke depannya, menurut Eri, Maybank Indonesia akan terus mencari stakeholder lain di bidang penerbangan untuk meningkatkan bisnis cash management. Nah, terkait ini, perseroan lebih memilih menyasar komunitas untuk peningkatan pelanggan.

Dari sisi fitur, CoOLPAY yang merupakan layanan secara host to host dapat mempercepat proses pembayaran transaksi tanpa perlu melakukan konfirmasi secara manual kepada Kal Star Aviation, dan mempermudah proses rekonsiliasi sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Dengan solusi CoOLPAY, Kal Star Aviation juga dapat menerima biller report secara terperinci mulai dari kode agen hingga transaksi secara terperinci, mempercepat proses penerimaan (collection), dan memudahkan proses administrasi dan rekonsiliasi.

Sebagai gambaran, solusi CoOLPAY sebelumnya telah diaplikasikan dalam mendukung proses bisnis beberapa maskapai penerbangan lain, termasuk jasa kargo, dengan rekanannya. Solusi ini juga telah banyak diimplementasikan dalam mendukung pembiayaan distributor, supplier dan franchisee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×