kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Inklusi Keuangan, Dana Gandeng Perusahaan Teknologi HERE Technologies


Minggu, 14 Agustus 2022 / 13:31 WIB
Genjot Inklusi Keuangan, Dana Gandeng Perusahaan Teknologi HERE Technologies
ILUSTRASI. DANA, salah satu layanan dompet digital terbesar di Indonesia, telah menggunakan layanan lokasi HERE untuk mendukung layanan keuangan inklusif mereka di Indonesia.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka mempercepat inklusi keuangan di Indonesia, dompet digital DANA, berkolaborasi dengan perusahaan platform data dan teknologi yakni HERE Technologies.

Dengan kerja sama ini, DANA menggunakan layanan lokasi HERE untuk mendukung layanan keuangan inklusif mereka di Indonesia. Platform DANA memanfaatkan API (Application Programming Interface atau Antarmuka Pemrograman Aplikasi) dari HERE Geocoder dan Reverse Geocoder untuk menjangkau pengguna – terutama mereka yang berada di daerah pedesaan, dengan cara menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya.

Vince Iswara, Co-founder dan CEO DANA Indonesia menjelaskan, untuk mitra DANA, teknologi API dari HERE juga memungkinkan mereka untuk memberikan penawaran digital yang dirancang lebih efisien sesuai penggunanya. Menurutnya, DANA selalu berkomitmen memanfaatkan platform teknologi keuangan inklusif yang kami miliki untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Persaingan Dompet Digital Semakin Ketat

“Oleh karena itu, kami telah menggabungkan aplikasi keuangan berbasis gaya hidup yang di miliki dengan platform HERE untuk memastikan bahwa DANA juga menjangkau sebagian besar populasi Indonesia yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan juga mereka yang sudah memiliki rekening bank tetapi belum mengakses produk keuangan lainnya (underbanked), dan memungkinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi dengan lebih lancar,” ungkap Vince dalam siaran pers, Jumat(12/8).

Teknologi API dari HERE Geocoding memberikan geo-koordinat yang tepat dari alamat, tempat, lokalitas, atau wilayah administratif yang diketahui di lebih dari 100 negara dan wilayah. Selain itu, kemampuan reverse geocoding dari HERE memungkinkan pengguna DANA menemukan alamat terdekat dengan menggunakan koordinat maupun memilih titik lokasi di peta dalam aplikasi.

Selama empat tahun terakhir ini, DANA telah menjangkau lebih dari 110 juta pengguna dengan rata-rata 10 juta transaksi setiap hari. Dengan bantuan HERE Technologies, Dana berharap pertumbuhan kinerja perusahaan kian positif dan makin inklusif berkat dorongan peningkatan transaksi berbasis lokasi.

Abhijit Sengupta, Senior Director and Head of Business for Southeast Asia and India di HERE Technologies mengatakan, layanan lokasi HERE mendukung DANA dalam memberdayakan inklusi keuangan di Indonesia dan meletakkan fondasi yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk negara ini.

“Data lokasi tertanam kuat dalam aktivitas kami sehari-hari dan dengan ekosistem digital yang saat ini sedang berkembang di Indonesia dan Asia Tenggara, masih ada peluang besar bagi bisnis untuk memanfaatkan kecerdasan lokasi untuk menutup kesenjangan inklusi keuangan di Indonesia,” imbuh Abhijit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×