Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Sejumlah perusahaan pembiayaan terus mencari cara guna menggenjot pertumbuhan penyaluran pembiayaan di tengah kondisi pasar yang sedang lesu. Di antaranya dengan menggenjot pemasaran melalui jalur agensi.
PT Al Ijarah Indonesia Finance atau ALIF salah satunya. Perusahaan pembiayaan anak usaha PT Bank Muamalat ini menargetkan pertumbuhan jumlah agen sampai dua kali lipat di 2015 ini.
Direktur Utama ALIF Iman Pribadi menyebut, hingga akhir tahun lalu pihaknya sudah memiliki 3.000 orang agen. Sementara sampai pertengahan tahun ini, jumlah agen sudah bertambah menjadi 4.000 orang.
Penambahan jumlah agen ini terus dilakukan di paruh kedua nanti, dengan target penambahan 2.000 agen lagi. "Sehingga secara total naik dua kali lipat dari tahun lalu jadi 6.000 orang," kata dia, Selasa (28/7).
Menurutnya, penambahan agen bisa membantu mereka menyasar pasar yang selama ini belum tergarap maksimal. Selain fokus menjangkau nasabah individu, agen juga akan membidik pengusaha kecil dan menengah.
Selain efektif menggenjot pertumbuhan penyaluran pembiayaan, penambahan agen juga lebih efisien dari segi biaya. Berbeda dengan langkah ekspansi yang membutuhkan biaya tak sedikit untuk menambah jumlah cabang. "Efisiensi saat ini sangat penting di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat," ujar dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News