kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Modalku Berkolaborasi dengan HSBC, Salurkan Fasilitas Kredit US$ 50 Juta


Senin, 22 Agustus 2022 / 10:49 WIB
Grup Modalku Berkolaborasi dengan HSBC, Salurkan Fasilitas Kredit US$ 50 Juta
ILUSTRASI. Grup Modalku mengumumkan penandatanganan fasilitas kredit US$ 50 juta atau sekitar Rp 737 miliar dengan HSBC Singapura. REUTERS/Beawiharta


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup Modalku mengumumkan penandatanganan fasilitas kredit senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 737 miliar dengan HSBC Singapura.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, hal ini merupakan bagian dari strategi untuk memperluas jangkauan perusahaan dalam mendukung UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal.

Pinjaman komersial di Asia Pasifik diproyeksikan memiliki potensi pertumbuhan sebesar 16,5%, dengan menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 7 triliun atau sekitar Rp 103 kuadriliun pada tahun 2028, yakni sekitar 25% dari jumlah pasar global sebesar US$ 27,4 triliun atau sekitar Rp 406 kuadriliun. 

Secara umum, pinjaman UMKM masih kurang terlayani dan tidak memiliki kecepatan transformasi digital yang sama dengan pinjaman ritel.

Baca Juga: Grup Modalku Salurkan Pinjaman hingga Rp 7,2 Triliun Pada Semester I-2022

Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 37,9 triliun kepada lebih dari 5,1 juta transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Melalui fasilitas kredit ini, pendana institusi terkait dapat menyalurkan dana melalui berbagai solusi pembiayaan yang disesuaikan di seluruh segmen UMKM di lima negara Grup Modalku beroperasi.

Reynold mengaku, pihaknya merasa terhormat menerima fasilitas yang cukup besar dari bank global seperti HSBC. Kolaborasi ini merupakan tonggak penting bagi Grup Modalku dan merupakan pembuktian riwayat kredit perusahaan selama pandemi covid-19.

"Harapannya dengan adanya wawasan baru dari HSBC, kapabilitas global, serta pendekatan yang terukur, semakin melengkapi kami untuk memajukan perkembangan bisnis UMKM yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan akses pendanaan. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh HSBC dan kami sangat antusias atas kolaborasi yang dijalankan saat ini,” kata Reynold dalam siaran pers, Senin (22/8).

Dengan kerja sama ini, HSBC dapat memperluas pasar global melalui segmen UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal di seluruh kawasan. 
Kemudian, melalui kerja sama ini, HSBC akan berperan sebagai structuring bank, pendana, fasilitas dan agen keamanan dalam memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel, terukur, dan semi-regional untuk mendukung ekspansi bisnis Grup Modalku di wilayah tersebut.

Baca Juga: Fintech P2P Lending Gencar Salurkan Pendanaan ke UMKM

Regina Lee, Head of Commercial Banking HSBC Singapore mengatakan, sebagai platform pendanaan digital UMKM terkemuka, Grup Modalku memainkan peran penting dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi baru di Asia Tenggara dengan mendorong inklusi keuangan yang lebih luas dan mendukung perusahaan lokal yang merupakan bagian dari fondasi ekonomi.

"Kami sangat senang dapat mendukung Grup Modalku dalam memperluas jangkauan bisnisnya untuk mendukung UMKM berpotensi di wilayah mereka,” ungkap Regina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×