kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Lebaran, BJB siapkan uang tunai Rp 6,7 T


Rabu, 15 Juni 2016 / 18:45 WIB
Hadapi Lebaran, BJB siapkan uang tunai Rp 6,7 T


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 6,7 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di bulan suci Ramadhan dan hari libur lebaran.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 62% akan didistribusikan di Jabodetabek dan Bandung serta beberapa kota tujuan mudik.

Direktur Utama Bank Jabar Banten Ahmad Irfan mengatakan, sisanya sebesar 38% dana akan disebar rata di beberapa kota. Di antaranya di luar jawa seperti Kepulauan Riau, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. 

"Dana yang disiapkan menghadapi lebaran tahun ini meningkat 8% dibanding alokasi yang disiapkan pada musim lebaran tahun lalu," ujar Ahmad Rabu, (15/8).

Terkait dengan kebutuhan uang menjelang lebaran, kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan persediaan yang kartal sebesar Rp 16,47 triliun. Nilai itu mengalami kenaikan 14,1% dibanding tahun lalu sebesar Rp 14,44 triliun. 

Kenaikan tersebut dipicu oleh peningkatan pembayaran gaji ke 13 PNS dan THR untuk karyawan pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Untuk mengamankan distribusi uang, BI menggandeng beberapa bank untuk menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 24 Juni 2016 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang dilaksanakan di Lapangan IRTI Monas. 

Sedangkan untuk Bandung akan dimulai pada 20 sampai 30 Juni 2016 di beberapa tempat seperti Lapangan Gasibu dan Yegalega serta Alun-Alun Kota Bandung, Ujungberung dan Cimahi.

"Selain penukaran UPK melalui mobil layajan kas, kegiatan ini juga dilaksanakan di sejumlah kantor cabang BJB yang ada di seluruh Indonesia, selain itu lauanan ini juga sejalan dengan upaya regulator dalam clean money policy," ujar Irfan.

Untuk menyesuaikan layanan pada libur bersama lebaran, Bank BJB akan membuka layanan weekend banking yang beroperasi pada tanggal 2 sampai 3 Juli 2016 dan 9 sampai 10 Juli 2016 serta layanan non operasional kantor dengan echannel seperti ATM dan mobile serta internet banking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×