kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,54   8,38   1.01%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Hindari Kebiasaan Ini Agar Utang Tak Menggunung


Selasa, 15 Juni 2021 / 12:00 WIB
Hindari Kebiasaan Ini Agar Utang Tak Menggunung

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Berutang tanpa disadari sering menjadi masalah besar dalam keuangan. Padahal, kehadirannya sama sekali tidak diharapkan oleh semua orang. Tetapi, nyatanya ada beberapa hal yang justru membuat Anda terpaksa berutang, seperti kredit kendaraan atau rumah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita jadi terbiasa berutang. Pertama, belanja berlebihan melebihi pemasukan. Kalau pemasukan Anda per bulan sebesar Rp4 juta saja, tidak mungkin bisa belanja sangat banyak. Tetapi, hal tersebut bisa saja memicu Anda berutang apabila tidak bisa mengontrol hasrat berbelanja.

Misalnya, Anda menginginkan sesuatu, alih-alih batal membeli karena uang yang dimiliki tidak cukup, Anda tanpa ragu malah meminjam uang ke teman. Hal paling berbahaya lainnya adalah jika Anda rela menguras tabungan atau menggunakan kartu kredit demi memenuhi keinginan tersebut. Kurangi kebiasaan konsumtif seperti itu jika Anda ingin mendapatkan kehidupan sejahtera di masa depan.

Baca Juga: Ini Tiga Manfaat Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Kebiasaan berikutnya, jangan mencoba cari utang untuk membayar utang. Keputusan ini seringkali terjadi di mana Anda melunasi utang menggunakan dana yang diperoleh dari berutang ke orang lain atau lembaga jasa keuangan lainnya. Sekali orang terjerat utang, akan terus ketagihan berutang. Ini disebabkan karena utang adalah cara tercepat untuk mendapatkan uang.

Jika Anda berpikir panjang, kemudahan berutang justru bisa menjadi petaka di kemudian hari. Bayangkan saja, setiap kali terlilit utang, Anda akan meminjam uang yang komponennya jauh lebih besar dibandingkan dengan bunga pinjaman yang juga lebih tinggi. Jadi, berutang untuk membayar utang atau gali lubang tutup lubang bukanlah sebuah cara menyelesaikan masalah, tetapi justru menambah masalah.

Menabung adalah hal yang paling prioritas dilakukan ketika Anda menerima gaji bulanan, sebelum mengalokasikannya untuk kebutuhan lainnya. Berapapun nilai tabungan Anda, yang jelas Anda telah berusaha menyisihkan gaji untuk dana darurat dan investasi di masa yang akan datang.

Namun, kenyataannya masih ada orang yang tidak terbiasa melakukan hal ini. Bahkan tidak memahami pentingnya menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya, barangkali termasuk Anda juga.

Ketika Anda menerima gaji, bisa saja terlena menghabiskannya untuk berbagai hal yang tidak penting atau membelanjakannya tanpa perencanaan matang. Dengan berbagai tindakan tersebut, bisa saja gaji Anda tidak akan mencukupi kebutuhan sebulan, sehingga memicu Anda berutang.

Guna memaksimalkan dana yang disimpan, banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah deposito. PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) adalah salah satu bank yang menawarkan program deposito menarik dan bunga kompetitif.

J Trust Bank menyelenggarakan program referralWin-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona" pada bulan ini.  Melalui program referralWin-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat.

Program yang telah berhasil pada tahun lalu tersebut dilanjutkan kembali pada 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021. Lewat program ini, J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memeroleh tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bunga deposito tinggi. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor.

Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF.

Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5% per tahun. Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan mendapatkan senilai 0,25% p.a dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×