kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

IKM di bawah naungan Astra Ventura didorong bertransformasi digital


Senin, 11 November 2019 / 22:24 WIB
IKM di bawah naungan Astra Ventura didorong bertransformasi digital
ILUSTRASI. Kegiatan produksi di IKM binaan Astra Ventura, PT Rachmat Perdana Adhimetal. 

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - CIKARANG. Astra Ventura melakukan kunjungan lapangan (Genba) 'Astraventure Day 2019' ke tiga IKM binaannya di wilayah Cikarang. Tahun ini Astraventure Day 2019 mengusung tema Initiating SME’s as Enablers of Digitalization.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Astra Ventura untuk IKM dari segi pemanfaatan teknologi agar setiap IKM dapat bersaing secara kompetitif di tengah disrupsi teknologi saat ini. Selain itu acara tersebut wadah bagi mitra usaha untuk mendapatkan inspirasi dan pembelajaran sekaligus memberikan motivasi kepada mitra usaha agar terus dapat mengembangkan transformasi digital masa kini.

Baca Juga: KSPI minta PTKP disesuaikan dengan batas atas iuran BPJS Ketenagakerjaan

Tiga mitra usaha yang dikunjungi adalah PT Futari Mecca Utama di Bekasi, kemudian PT Senalapan Perkasa Indonesia, dan PT Rachmat Perdana Adhimetal yang berlokasi di Cikarang.

Presiden Direktur Astra Ventura Jefri R. Sirait menyebut bahwa yang membedakan Astra Ventura dengan perusahaan pendanaan lainnya adalah Astra Ventura juga fokus pada pembinaan para IKM yang menjadi  mitra usaha mereka.

"Bedakan dengan finansial bisnis lain adalah development yang jadi solusi, pembinaan ini bukti kita nggak bicara pricing. Jadi IKM binaan ini settle dengan satu departemen dan melakukan deep kolaborasi dengan multi stakeholder yang ada. Misal start up kita ajak juga, kolaborasi penting," Jelas Jefri saat acara Astraventura Day 2019 di Cikarang, Senin (11/11).

Genba atau kunjungan lapangan ini masuk ke kali ke 17. Jefri menyebut Genba merupakan cara Astra Ventura mengetahui perkembangan kondisi mitra usaha usai menerima pendanaan dan pembinaan.

Baca Juga: Rampungkan Omnibus Law, Menko Airlangga sebut berbagai relaksasi aturan investasi

Presiden Komisaris Astra Ventura Suparno Djasmin menambahkan pembiayaan yang diikuti dengan pembinaan ditujukan bagi pengembangan, link and match dengan industri yang berkaitan. "UMKM ini kita jadikan agar lebih efisien maju dan terlibat dalam industrialisasi, Astra Mitra Ventura (AMV) sudah bina lebih dari 450 pasangan usaha, diberi usaha, bukan debitur tapi mitra usaha kita sebutnya," kata Suparno.

Direktur PT Futari Mecca Utama Henry Sontaduga berharap adanya genba ini mampu menjadi wadah para stakeholder mengetahui langsung produk dan proses produksi tiap IKM binaan AMV.  PT Futari sendiri mendapatkan suntikan dana dari AMV sekitar tiga tahun lalu dengan skema awal adalah by pre order. "Jadi misal Astra PO Rp 200 juta nah kita dapat 70%, setelah jalan baik sekarang kita dipercaya fix pendanaan," kata Henry.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×