kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,73   -5,15   -0.53%
  • EMAS956.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Ingin menjadi Nam Do San? Ini pilihan bisnis startup yang banyak dilirik investor


Kamis, 26 November 2020 / 10:46 WIB
Ingin menjadi Nam Do San? Ini pilihan bisnis startup yang banyak dilirik investor
ILUSTRASI. Ilustrasi Opini - Interpretasi Indeks Kewirausahaan Global. ilustrasi start-up


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi anda yang sedang membangun perusahaan rintisan atau biasa disebut startup mendapatkan pendanaan dari investor adalah sebuah keharusan. Namun mendapatkan pendanaan bukanlah perkara yang mudah bagi startup.

Lihat saja upaya Nam Do San dalam serial Korea, STARTUP yang jatuh bangun mendapatkan kepercayaan dari investor. Hingga akhirnya Samsan Tech perusahaan Nam Do San berhasil dipercaya lolos dalam ajang kontes pencarian startup terbaik yang diadakan modal ventura bernama Sandbox.

Nam Do San berhasil menyakinkan investor dengan model bisnis yang ditawarkan startup Samsan Tech. Bisnis Samsan Tech di kalangan startup dikenal dengan nama Software As A Service (Saas). Nah, pengalaman Nam Do San memilih Saas sebagai pilihan model bisnis di startupnya juga banyak dilakukan di Indonesia. Bukan apa-apa, bisnis Saas memang banyak dilirik oleh investor.

Data yang disajikan Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo), bisnis Saas merupakan salah satu lini bisnis yang banyak dilirik oleh modal ventura untuk menanamkan duitnya. Bisnis Saas menjadi peringkat kedua dari perusahaan startup yang banyak mendapatkan pendanaan.

Amvesindo mencatat hingga kuartal 3 mencatat bisnis startup fintech yang terbanyak mendapatkan pendanaan dari modal ventura.”Kami mengincar sektor-sektor pandemic-proof. Saat ini kita fokus di industri yang jelas performa nya meningkat seperti EduTech, HealthTech, Logistic, dan eSport. Kami melihat tren yang meningkat di sisi logistik, baik di level B2B seperti pergudangan dan sewa truk ataupun di C2C seperti instant online delivery,” ujar Managing Partner Indogen Capital Chandra Firmanto. .

Nah berikut bisnis-bisnis startup yang banyak mendapatkan pendanaan dari modal ventura di sepanjang tahun ini:

Total dana yang digelontorkan US$ 1,9 miliar

1.    Fintech ada 8 transaksi
2.    Saas ada 6 transaksi
3.    Edutech ada 6 transaksi
4.    New retail 5 transaksi
5.    Logistik 4 transaksi
6.    E-commercee 4 transaksi  

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×