kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Ini 7 Penyebab Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri yang Wajib Diketahui Nasabah


Sabtu, 14 September 2024 / 05:40 WIB
Ini 7 Penyebab Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri yang Wajib Diketahui Nasabah
ILUSTRASI. Penyebab Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri yang Wajib Diketahui Nasabah./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/19/07/2023


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami penyebab mengapa saldo ATM BCA berkurang, hal yang penting untuk diketahui oleh nasabah. Selain itu, nasabah perlu mengerti cara memeriksa mutasi rekening BCA secara online dan offline.

Transaksi perbankan harus tercatat dengan jelas dalam laporan yang disebut mutasi rekening. Mutasi ini mencatat perubahan atau perpindahan kepemilikan rekening deposito atau kewajiban bank dalam rekening nasabah.

Mutasi rekening dapat mencakup perubahan seperti nama, alamat, atau informasi lainnya pada rekening nasabah. Biasanya, proses ini dilakukan melalui formulir permintaan yang disediakan oleh bank untuk situasi tertentu.

Mutasi juga bisa digunakan untuk transfer dana antar rekening atau untuk memperbarui informasi rekening seperti nama atau alamat.

Baca Juga: 2 Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Di ATM BCA, Tetap Ada Uang Meski Dompet Tertinggal

Alasan Saldo BCA Berkurang Sendiri

Transaksi ATM BCA

Nasabah kadang mengalami masalah saldo ATM BCA yang berkurang tanpa penjelasan atau notifikasi perbankan. Oleh karena itu, penting bagi nasabah BCA untuk mengetahui beberapa faktor yang mungkin menyebabkan saldo mereka berkurang secara otomatis.

Jika Anda mendapati saldo rekening BCA Anda berkurang tanpa melakukan transaksi, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, termasuk biaya administrasi.

Nasabah wajib tahu beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan saldo ATM BCA berkurang secara otomatis.

Baca Juga: Ini Cara Tarik Tunai di Alfamart dengan DANA dan Kartu Debit BCA

1. Mekanisme Autodebet

Autodebet adalah mekanisme otomatis di mana sejumlah uang ditarik dari rekening nasabah pada waktu tertentu. Ini bisa terjadi untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran cicilan, tagihan listrik, air, telepon, asuransi, atau iuran lainnya yang telah disetujui oleh nasabah sebelumnya.

Apabila nasabah memiliki cicilan kendaraan atau pinjaman dengan auto debet, jumlah cicilan akan otomatis terpotong dari rekening pada tanggal yang telah ditentukan setiap bulan.

2. Biaya Admin BCA Bulanan

Setiap rekening bank biasanya memiliki biaya administrasi yang harus dibayarkan nasabah. Biaya ini secara otomatis akan dipotong dari saldo rekening nasabah setiap bulan.

Rekening tabungan di BCA, seperti Tahapan BCA, memiliki biaya administrasi bulanan yang akan dipotong langsung dari saldo rekening.

3. Transaksi Online yang Dilakukan

Saldo ATM berkurang karena adanya transaksi yang dilakukan oleh nasabah, seperti penarikan tunai, transfer ke rekening lain, pembelian di merchant, pembayaran online, atau pembelian e-commerce.

Apabila nasabah melakukan pembelian barang secara online menggunakan kartu debit, saldo rekening akan berkurang sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

4. Biaya Layanan atau Produk Bank

Beberapa layanan atau produk perbankan memerlukan biaya tertentu yang akan didebet langsung dari rekening nasabah. Biaya kartu kredit, biaya SMS Banking, atau biaya layanan tambahan lainnya.

5. Penarikan Tunai di ATM atau Teller di Bank Lain

Saat nasabah melakukan penarikan tunai melalui ATM di bank selain BCA, biasanya terdapat biaya admin tambahan yang langsung mengurangi saldo rekening.

Ketika nasabah menarik uang tunai sebesar Rp 500.000 di ATM Bersama, maka saldo rekening akan berkurang sebesar nominal dan biaya admin.

6. Pencairan Cek atau Giro

Saat nasabah mengeluarkan cek atau giro dan telah dicairkan oleh penerima, saldo rekening akan berkurang sesuai dengan jumlah yang tertera pada cek atau giro tersebut.

Sebagai contoh, nasabah menulis cek sebesar Rp 1.000.000, maka ketika cek/giro dicairkan, saldo rekening akan berkurang sebesar nominal tersebut.

7. Koreksi atau Penyesuaian dari Bank

Terakadang, bank perlu melakukan penyesuaian saldo karena kesalahan teknis atau transaksi yang tidak valid. Koreksi bisa terjadi jika ada transaksi yang salah tercatat atau perlu dikembalikan.

Itulah penyebab saldo ATM BCA yang dapat berkurang sehingga perlu diketahui nasabah untuk setiap akan melakukan transaksi.

Selanjutnya: Ini Cara Membuat Ukuran Foto 3x4 dan 4x6 di Microsoft Word

Menarik Dibaca: Ini Cara Membuat Ukuran Foto 3x4 dan 4x6 di Microsoft Word

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×