kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,71   -11,93   -1.18%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ini Daftar BPD dengan Aset Terbesar di Indonesia


Kamis, 19 Mei 2022 / 09:25 WIB
Ini Daftar BPD dengan Aset Terbesar di Indonesia
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Bank BJB di Bandung.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski kondisi pandemi masih berangsur pulih, nilai aset Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus beranjak naik. Kenaikan ini sejalan dengan pertumbuhan bisnis dan kredit di masing - masing perusahaan. 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) misalnya, berhasil membukukan pertumbuhan aset konsolidasi hingga 16,6% yoy menjadi Rp 167,4 triliun pada Maret 2022. Direktur Utama bank Bjb  Yuddy Renaldi menyebut, pertumbuhan ini sejalan dengan pembiayaan perseroan. 

"Bank Bjb berhasil menyalurkan pembiayaan Rp 105,1 triliun, tumbuh sebesar 8,3% atau tumbuh di atas industri perbankan. Dengan kualitas kredit terjaga dengan baik, di mana NPL turun dari 1,4% menjadi 1,2%," kata Yuddy, pekan lalu. 

Bahkan bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini mampu mencetak laba Rp 738 miliar atau tumbuh 28,6% yoy. Hal ini salah satunya berkat kenaikan fee based income yang juga tumbuh 43,7% yoy menjadi Rp 372 Miliar. 

Baca Juga: Catat, Inilah Sederet Bank Pencetak Laba Terbaik

Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) juga tumbuh 15,9% yoy menjadi Rp 128,3 triliun per Maret 2022, atau di atas pertumbuhan industri perbankan. Pertumbuhan ini ditopang oleh kenaikan simpanan tabungan, giro dan deposito.

Tak mau kalah, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) juga menorehkan kinerja cemerlang pada awal tahun. Tercatat aset tumbuh 17,85% menjadi Rp 105,65 triliun pada kuartal I 2022. 

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman berkata, pertumbuhan yang signifikan menunjukkan kepercayaan masyarakat Bank Jatim meningkat. Terlebih, penyaluran kredit mencapai Rp 42,31 triliun, meningkat 1,38% dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi yakni sebesar 8,44% yoy menjadi Rp 7,58 triliun," terangnya. 

Untuk tahun ini, perusahaan akan terus mengembangkan layanan digital banking untuk mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Dengan begitu, transaksi maupun jumlah pengguna JConnect Mobile dan JConnect Internet Banking naik. 

Baca Juga: Bank BTN Dapat Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA Senilai US$ 100 Juta

Hal ini dibarengi peningkatan keamanan transaksi perbankan agar nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Bank Jatim bahkan telah menggandeng Telkomsel untuk memperkuat keamanan data nasabah, terutama pada aplikasi JConnect Mobile.

Pada periode yang sama, Bank DKI juga melanjutkan kinerja positif seiring dengan membaiknya situasi pandemi Covid-19. Hingga Maret 2022, aset bank daerah ini tumbuh 27,7% yoy menjadi Rp 71,13 triliun. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×