kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini jadwal operasional beberapa bank di libur kedua Lebaran


Senin, 25 Mei 2020 / 17:40 WIB
Ini jadwal operasional beberapa bank di libur kedua Lebaran
Deretan mesin ATM perbankan di pusat perbelanjaan, Tangerang Selatan, Sabtu (6/12). KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di hari kedua Idul Fitri ini, tidak usaha khawatir operasional perbankan ikut-ikutan libur. Justru sejumlah bank sudah mempersiapkan diri menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. 

Untuk libur hari kedua Lebaran ini, beberapa bank masih bisa memberikan layanan yang optimal bagi para nasabahnya. Memang, operasional bank-bank ini tidak seperti operasional di hari biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut operasional empat bank besar selama libur Lebaran, termasuk operasional di hari kedua libur Lebaran ini.

BNI  

Untuk libur Lebaran di hari kedua yang jatuh tanggal 25 Mei 2020, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tetap menyediakan layanan penerimaan online payment banking system (OPBS) Pertamina. Untuk layanan ini, BNI membuka operasionalnya mulai pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat di 23 outlet.  

Untuk memaksimalkan pelayanan, BNI menambah jumlah outlet pada tiga hari sebelum dan sesudah Lebaran. Pelayanan juga menerapkan prinsip protokol Covid-19. Layanan perbankan tetap dapat tersedia melalui channel elektronik BNI setiap harinya mencakup ATM, internet banking, SMS banking, mobile banking, Agen46, maupun Call Center BNI pada nomor 1500046, 7 x 24 jam. Operasional Bank BNI akan berjalan seperti biasa, mulai besok, Selasa 26 Mei 2020.  

BRI 

Sedangkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) di libur Lebaran ini siap mengoperasikan 172 kantor cabang yang dilaksanakan secara terbatas mulai pukul 09.00 hingga 14.30 waktu setempat, pada tanggal 22 hingga 23 Mei 2020.  

Layanan operasional terbatas mencakup pembukaan rekening simpanan serta setoran, penarikan rekening simpanan, setoran pinjaman, transaksi jual beli banknotes (money changer), complain handling termasuk penanganan komplain kartu tertelan, dan reissue PIN.  

BRI juga menyiagakan kantor operasional untuk penebusan setoran BBM atau non BBM dari Pertamina dan Bulog.  Selanjutnya 38 kantor BRI disiapkan untuk melayani pick up services ASDP dan 62 Kantor BRI melayani pick up services Garuda Indonesia.  

Biasanya saat libur hari raya seperti Lebaran, transaksi digital bakal melonjak. Untuk itu BRI memastikan perangkat e-channel BRI seperti 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM berada dalam kondisi yang baik. Sebagai alternatif bertransaksi lainnya, masyarakat pun bisa mengakses layanan perbankan 24 jam, seperti mobile banking

BRI, internet banking BRI, dan BRImo, serta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Bank Mandiri  

Tak mau kalah, PT Bank Mandiri  Tbk (BMRI), juga akan mengoperasikan secara terbatas 121 kantor cabang pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H sejak tanggal 21 Mei sampai  25 Mei 2020. Layanan perbankan yang tersedia meliputi cek saldo, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina sejak pukul 09.00 hingga 14.00 waktu setempat.  Namun, pada 24 Mei 2020 seluruh kantor Bank Mandiri akan tutup. 

Untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, nasabah dapat memanfaatkan jaringan elektronik ATM Bank Mandiri yang tersebar sebanyak 18.291 unit dan 250.000 lebih unit mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Bank Mandiri juga menurunkan 58.000 lebih agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening Mandiri dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, pembelian pulsa dan banyak lagi.  

BCA  

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga  menyesuaikan operasiaonal perbankan mulai tanggal 22 Mei -26 Mei 2020. Pada tanggal 22 Mei 2020, seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi.  

Namun transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani di 10 kantor cabang BCA antara lain, KCU Matraman, KCU Galaxy, KCU Palembang, KCU Denpasar, KCU Malang, KCU Bandung, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, dan KCU Madiun.  

Khusus tanggal 23 Mei 2020, transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani di KCU Blitar. Pada tanggal 26 Mei 2020, kantor cabang Bank BCA kembali beroperasi dengan pengaturan buka/tutup sementara seperti yang telah dilakukan pada masa pandemi Covid-19.  

Nasabah tetap dapat memanfaatkan banking from home BCA melalui channel electronik banking BCA, seperti mobile banking (BCA mobile), internet banking (KlikBCA), dan juga 17.928 ATM BCA. Fasilitas tarik tunai tanpa kartu juga dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku. Untuk transfer tanpa mengetik nomor rekening, nasabah bisa menggunakan fitur QR di BCA mobile dan Sakuku.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Simak, Jadwal Lengkap Operasional 4 Bank Besar Indonesia,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×