Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Rizki Caturini
KONTAN.CO.ID - Bank Indonesia (BI) menyebutkan beberapa ATM bank mengalami permasalahan sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1.
Atas hal itu, dalam rilis yang diterima KONTAN, Minggu (27/8) pihak bank sental menyebut bank-bank yang mengalami gangguan jaringan bersama Telkom tengah melakukan upaya pemulihan.
"Bank-bank bersama Telkom sedang melakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya," ujar Agusman, Direktur Eksekutif BI dalam keterangan resmi.
Lebih lanjut, BI menambahkan sebagai otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah pihaknya siap mendukung perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat dengan memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal.
Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, Bank Indonesia mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan.
"Bank Indonesia terus memantau perkembangan pemulihan gangguan, dan terus berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga-lembaga terkait," tambahnya.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi contact center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News