kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini persiapan bank menghadapi Basel III


Minggu, 14 Januari 2018 / 12:31 WIB
Ini persiapan bank menghadapi Basel III
ILUSTRASI. Stan Bank Negara Indonesia (BNI)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan di antaranya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sudah mempunyai beberapa strategi untuk meningkatkan permodalan. Hal ini karena pada Januari 2019 bank harus siap memenuhi implementasi secara penuh aturan internasional basel III.

Herry Sidharta, Wakil Direktur Utama BNI mengatakan, sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan basel III bank harus memiliki rasio kecukupan modal minimal 14%.

"Setiap bank berbeda sesuai kategori dan kondisi," kata Herry kepada Kontan.co.id.

Beberapa startegi BNI untuk meningkatkan permodalan di antaranya menggenjot pertumbuhan pendapatan dari aset produktif dan fee based.

Hal ini dilakukan melalui layanan yang diberikan pada debitur yang akhirnya meningkatkan kemampuan modal bank.

Selain itu ada juga opsi penerbitan surat berharga yg mendukung permodalan misalnya obligasi subordinasi. Rencana ini masih dalam tahap pengkajian dan selaras dengan ketentuan recovery plan dari OJK.

Strategi lainnya yaitu dengan kebijakan dividen dari pemegang saham dalam kaitannya dengan penguatan modal.

Sebagai gambaran, aturan Basel III telah berlaku mulai 1 Januari 2016 dan berlangsung secara bertahap hingga 2019. Untuk tahun depan CAR BNI sesuai profil risiko minimal adalah 13,25%

Brankoe Windoe, Head of Treasury BCA berpendapat, ada beberapa aturan akutansi yang membuat bank harus menata ulang beberapa kategori aset.

"Dari sisi modal dan risk adjusted CAR perbankan saat ini dalam keadaan baik karena mempunyai rasio permodalan yang cukup tinggi," kata Brankoe.

John Simon, Direktur Treasury and Capital Market CIMB Niaga bilang, banknya sudah menyiapkan beberapa hal terkait implementasi penuh basel III pada Januari 2019.

"Ruang buffer permodalan masih cukup banyak," kata John. Saat ini dengan minimal permodalan 12% beberapa CIMB sudah memenuhi karena rata rata rasio permodalan saat ini 20%.

Ingin tahu lebih dalam tentang basel III, klik tautan berikut : http://lipsus.kontan.co.id/v2/perbankan/read/319/memagari-bank-dengan-basel-accord

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×