kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Strategi BRI Pertahankan Pertumbuhan Bisnis Remitansi hingga Akhir Tahun


Senin, 03 Juli 2023 / 18:43 WIB
Intip Strategi BRI Pertahankan Pertumbuhan Bisnis Remitansi hingga Akhir Tahun


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau Bank BRI melihat potensi bisnis dari transaksi remitansi masih tetap tumbuh positif di tengah pemulihan ekonomi global sejak pandemi usai.

BRI bahkan memasang target pertumbuhan bisnis remitansinya di angka dua digit pada tahun 2023. Maklum saja, Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menyampaikan pertumbuhan volume transaksi remitansi BRI di tahun lalu bahkan tumbuh 22% secara year on year dibandingkan tahun sebelumnya. 

Ditambah lagi kinerja bisnis remitansi BRI di awal tahun 2023 dilaporkan berhasil mencetak pertumbuhan yang positif, dengan angka pertumbuhan 18% secara year on year. Aestika menyampaikan keuntungan BRI dari fee based income (FBI) yang diperoleh dari transaksi remitansi bahkan tumbuh impresif. 

Dalam catatan Kontan, Aestika merinci pertumbuhan pendapatan bisnis remitansi BRI tumbuh 75% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan demikian pihaknya optimistis BRI dapat mempertahankan kinerja baiknya hingga akhir tahun 2023. 

Baca Juga: OJK Siapkan Beleid Baru Layanan Digital Bank, Efektifkah Cegah Kebocoran Data?

Sumber transaksi terbesar untuk segmen remitansi BRI berasal dari negara-negara yang memiliki Indonesia business related yang kuat seperti USA, beberapa negara di Eropa seperti Jerman dan Belanda serta Negara Jepang dan China.

Untuk terus mendorong segmen bisnis remitansinya, BRI sudah memasang strategi utama dengan melakukan kerja sama menggandeng para mitra dan pemain global.  Strategi lain yang juga dilakukan adalah dengan memperkuat kapasitas teknologi dan melakukan peningkatan terkait dengan produk dan layanan BRI

"Saat ini sudah masuk ke dalam era kolaborasi dimana untuk dapat memenangkan persaingan kita harus dapat berkolabrasi dengan stakeholder. Saat ini BRI memiliki produk Brifast Remittance yang merupakan core system untuk layanan remitansi di BRI," kata Aestika kepada Kontan, Senin (3/7).

Lebih lanjut Aestika mengatakan saat ini Brifast Remittance telah digunakan lebih dari 100 mitra remitansi di seluruh dunia. Bahkan BRI juga baru me-launching fitur transfer internasional pada aplikasi BRImo. Dengan demikian, nasabah dapat melakukan transaksi cross border payment kapanpun, tanpa harus datang ke outlet bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×