kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,21   13,90   1.53%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investree dan Sarana Yogya Ventura Menggenjot Pembiayaan ke Sektor UMKM


Sabtu, 09 Desember 2023 / 12:41 WIB
Investree dan Sarana Yogya Ventura Menggenjot Pembiayaan ke Sektor UMKM
ILUSTRASI. Investree menggadeng Sarana Yogta Ventura sebagai lender institusi.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasca pandemi, pertumbuhan pelaku UMKM meningkat pesar. Berdasarkan data Kemenkop UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 65,4 juta UMKM. Kementerian Keuangan menyebut, 99% jenis usaha di Indonesia adalah UMKM. Sayang, lebih dari 60% UMKM di Indonesia tidak memiliki akses kredit perbankan.

Platform fintech lending seperti Investree menjadi salah satu alternatif solusi yang menawarkan kemudahan dan kecepatan bagi pelaku UMKM mengakses pembiayaan modal kerja untuk meningkatkan bisnis mereka. 

Untuk memperkuat dukungan pembiayaan bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal kerja, Investree membuka kesempatan bagi perusahaan atau institusi yang ingin meningkatkan manfaat berupa diversifikasi portofolio dan menambah pendapatan perusahaan, sekaligus yang terpenting berkontribusi terhadap kemajuan UMKM. Caranya, dengan menghubungkan mereka ke pelaku UMKM yang tidak punya akses ke bank.

Sejak pertama berdiri pada 2015 hingga kini, Investree telah memfasilitasi pinjaman sebesar Rp 22,48 triliun dan ada sekitar 30 perusahaan finansial dari dalam dan luar negeri yang bergabung sebagai lender institusi. Menjadi lender institusi membawa mereka lebih mudah menyentuh dan menyalurkan pembiayaan kepada para pelaku UMKM.

Baca Juga: OJK Bakal Mengatur Batasan Bunga Fintech Lebih Rendah, Ini Kata Investree

Salah satunya adalah Sarana Yogya Ventura. Sarana Yogya Ventura adalah perusahaan modal ventura daerah yang terafiliasi dengan Bahana Artha Ventura. Berdiri sejak tahun 1995, Sarana Yogya Ventura fokus menyalurkan permodalan atau pinjaman produktif untuk UMKM yang ada di Yogyakarta. Investree sendiri memulai kolaborasi dengan Sarana Yogya Ventura sejak tahun 2022. Keduanya menargetkan pelaku UMKM atau borrower dari ekosistem Investree yang berskala kecil dengan komitmen pendanaan sebesar Rp 50 miliar.

Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin mengatakan, kerjasama membuat para pelaku UMKM naik kelas dengan memanfaatkan dukungan pembiayaan berbasis digital, yang diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kecepatan bagi mereka. "Selama 12 bulan terakhir, kami telah menyalurkan Rp 15 miliar kepada lebih dari 30 pelaku UMKM dari berbagai sektor. Angka tersebut kami harap terus bertambah sejalan dengan komitmen Investree dalam membantu Sarana Yogya Ventura berpenetrasi ke lebih banyak pelaku UMKM di luar Yogyakarta–hingga ke seluruh Pulau Jawa," terang Salman, dalam rilis yang diterim Kontan.co.id, Jumat (8/12). 

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarana Yogya Ventura, Tri Widyawati, menuturkan, selama ini, cakupan pembiayaan Sarana Yogya Ventura hanya berada di wilayah Yogyakarta. "Namun dengan adanya Investree, kami melihat peluang untuk memperluas jangkauan pembiayaan hingga keluar Yogyakarta," ujat Tri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×