kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jamkrida Sumsel siapkan Rp 700 miliar jamin UMKM


Jumat, 23 September 2016 / 19:38 WIB
Jamkrida Sumsel siapkan Rp 700 miliar jamin UMKM


Sumber: Antara | Editor: Dupla Kartini

PALEMBANG. Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan menyiapkan dana Rp 700 miliar pada tahun ini untuk menjamin kredit pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Dana jaminan itu nilainya akan terus ditingkatkan sehingga pelaku UMKM di daerah ini semakin mudah mendapatkan pinjaman modal usaha dari perbankan," kata Direktur Utama PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan Dian Askin Hatta di Palembang, Jumat (23/9).

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan alokasi dana jaminan kredit sehingga jumlah pelaku UMKM yang difasilitasi mendapatkan kredit dari perbankan semakin banyak.

"Alokasi dana jaminan kredit 2016 meningkat Rp 200 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya  Rp 500 miliar. Dengan adanya tambahan dana jaminan itu diharapkan akan lebih banyak pelaku UMKM yang bisa dibantu memperoleh pinjaman modal usaha," ujarnya.

Menurut dia, pada 2015, dengan alokasi dana jaminan kredit sebesar Rp 500 miliar, pihaknya bisa memfasilitasi kredit 5.000 pelaku UMKM yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel.

Dengan ditingkatkannya alokasi dana jaminan kredit, diharapkan pada tahun ini bisa difasilitasi kredit sekitar 8.000 pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan modal usaha atau melakukan pengembangan usaha.

Keberadaan Jamkrida Sumsel dalam dua tahun terakhir mulai dirasakan oleh pelaku UMKM yang selama ini sulit memperoleh pinjaman dari perbankan karena tidak memiliki jaminan kredit.

"Dengan adanya Jamkrida, pelaku UMKM yang serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman modal usaha kepada pihak perbankan dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB), karena kreditnya akan dijamin perusahaan daerah ini," ujar Askin. (Yudi Abdullah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×