kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jamkrindo Realisasikan Penjaminan KUR Sebesar Rp 130,3 Triliun pada 2021


Selasa, 18 Januari 2022 / 23:00 WIB
Jamkrindo Realisasikan Penjaminan KUR Sebesar Rp 130,3 Triliun pada 2021


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. pada tahun 2021, PT Jamkrindo telah berhasil merealisasikan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 130,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 90,4 triliun. Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengapresiasi komitmen pemerintah dalam melakukan pengembangan UMKM dengan berbagai bauran kebijakan, termasuk salah satunya adanya program KUR. 

“Program KUR merupakan program yang sangat strategis untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Kami sangat berterima kasih karena telah dipercaya untuk terlibat dalam program KUR," ujar Putrama, Selasa (18/1).

"Pencapaian yang ditorehkan sebagai Penjamin KUR Terbaik 1 tidak terlepas dari dukungan segenap stakeholders dan juga para mitra bisnis strategis perusahaan,” katanya.

Pada tahun 2022 ini, Putrama  menuturkan berbagai strategi telah dipersiapkan untuk mendukung target penyaluran KUR nasional, antara lain melakukan pengembangan sistem penjaminan, optimalisasi SDM di seluruh unit kerja perusahaan, hingga peningkatan layanan perusahaan serta penguatan kolaborasi dengan mitra penyalur KUR. 

Baca Juga: AAJI: Perusahaan Asuransi Jiwa Berkomitmen Bayarkan Klaim Terkait Covid-19

“Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi yang kami lakukan dengan segenap mitra penyalur KUR, kami berharap dapat senantiasa memberikan pelayanan penjaminan dengan akses yang semakin mudah, sehingga pada akhirnya dapat mendukung target penyaluran KUR nasional,” jelas Putrama.

Dengan capaian kinerja tersebut, PT Jamkrindo mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik 1 tahun 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di ajang KUR Award. Penghargaan tersebut  diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap dengan adanya program KUR, UMKM semakin termotivasi untuk maju.  “Pada tahun 2022, Pemerintah telah menaikkan plafon KUR menjadi Rp 373,17 triliun,  dengan kenaikan ini harapannya UMKM betul-betul dapat termotivasi,” ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kontribusi perusahaan penjaminan kredit. Ia mengatakan, perusahaan bisa menjembatani UMKM untuk memperoleh akses kepada lembaga keuangan. 

“Peran perusahaan penjaminan kredit sangat penting (dalam program KUR) sehingga bank penyalur berani dan lebih progresif memberikan pinjaman kepada UMKM. Apalagi banyak UMKM terkendala dari segi kecukupan collateral. Maka itu ke depan penjaminan harus semakin progresif mendampingi penyaluran KUR,” kata Teten. 

Baca Juga: Subsidi Bunga KUR 3% Dilanjutkan di 2022, Airlangga: Gencarkan Sosialisasi

Adapun Putrama mengatakan penghargaan tersebut  memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi  UMKM.

Sejak tahun 2018 hingga 2022 Jamkrindo secara berturut-turut  sebagai perusahaan penjaminan KUR terbaik di ajang ini. KUR Award adalah penghargaan bagi pemerintah daerah penyalur, penjamin, dan pendukung program KUR terbaik.  Pemberian penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi pemerintah daerah, penjamin, dan pendukung program KUR agar berperan serta membantu pemerintah dalam penyaluran KUR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×