kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangkau UMKM di timur, penyaluran kredit Esta Kapital melonjak di bulan Mei


Selasa, 19 Juni 2018 / 16:13 WIB
Jangkau UMKM di timur, penyaluran kredit Esta Kapital melonjak di bulan Mei
ILUSTRASI. Financial Technology (Fintech)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Esta Kapital Fintek berhasil menyalurkan pembiayaan kredit sebesar Rp 5,2 miliar per Bulan Mei 2018. Kredit ini disalurkan, khusus kepada para ibu rumah tangga yang membutuhkan modal kerja untuk usaha.

Direktur Utama Esta Kapita Fintek Junjungan Rumapea mengatakan, penyaluran pembiayaan itu naik signifikan, di mana jumlah peminjam sudah melebihi angka 1.300 orang. Di sisi lain, jumlah pembiayaan itu tumbuh dua kali lipat dibandingkan bulan April lalu sebesar Rp 2 miliar.

“Kenaikan pembiayaan itu berkat peran publikasi dari media. Saat ini juga, distribusi penyaluran kredit sudah tersebar di 60 titik wilayah Jabodetabek dan 40 titik di Indonesia bagian timur,” kata Junjungan kepada Kontan.co.id, Selasa (19/6).

Atas hal tersebut, dia makin optimistis, bisa menyalurkan pembiayaan lebih besar untuk tiga bulan ke depan. Dia bahkan memproyeksi pembiayaan kredit bisa tumbuh sebesar 100% hingga 150%, karena melihat antusias perempuan yang sudah berkeluarga itu membutuhkan pinjaman cukup banyak.

Maka untuk mencapai target itu, perusahaan akan memperluas pasar pembiayaan kredit hingga ke luar Pulau Jawa, seperti Jambi, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan Gorontalo. Sedangkan di Jawa, akan terus diperkuat ke wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, Karawang dan Bandung.

Pihaknya juga kian gencar mengenalkan pembiayaan kredit melalui jalur digital, yang bisa diakses bagi pengguna internet.

“Kami akan fokus ke digital marketing. Kami saat ini sudah mulai memasarkan ke media online seperti Facebook dan Instagram,” ungkapnya.

Adapun jumlah pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 3,3 juta sampai Rp 5,3 juta, dengan tenor pinjaman hingga 40 minggu. Tiap pinjaman kredit akan dikenakan beban bunga sebesar 8%-15% per tahun.

Esta Kapital Fintek adalah platform peer to peer landing yang mulai beroperasi pada awal April 2018. Saat itu, sekitar 60% peminjam berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan sisanya menyasar nasabah dari Indonesia bagian timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×