kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang akhir tahun, bank digital balapan rilis produk baru


Senin, 27 September 2021 / 20:21 WIB
Jelang akhir tahun, bank digital balapan rilis produk baru
ILUSTRASI. Direktur Utama BRI Agro Kaspar Situmorang (kiri) bersama direksi saat RUPSLB BRI Agro di Jakarta, Senin (27/9). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/09/2021.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang akhir tahun, bank digital terus melakukan inovasi guna memacu bisnis. PT Bank BRI Agroniaga Tbk (AGRO) misalnya telah merilis layanan simpanan digital seiring persetujuan Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk memberikan pembukaan rekening secara digital. 

Direktur BRI Agro Kaspar Situmorang memastikan tidak akan menjanjikan bunga tinggi untuk produk simpanan. Ini bercermin dari bank digital yang ada di China yang mengandalkan akuisisi nasabah baru secara murah. 

“Kami menganut prinsip dengan masuk ke ekosistem BRI Group seperti agen laku pandai, BRILink sebanyak 500.000 orang, unit kerja BRI, dan komunitas untuk saving and lending digital. Kami tidak lakukan hal ekstrim (bunga), jadi masih sesuai dengan yang dijamin oleh LPS untuk bunga simpanan,” jelas Kaspar secara virtual pada Senin (27/9). 

Bank akan menghapus kredit segmen menengah. Lalu menggarap pinjaman digital dengan plafon maksimal Rp 1 miliar dengan tenor maksimal 12 bulan. Direktur Keuangan dan Operasional AGRO Arif Wicaksono mengakui langkah ini akan berdampak secara sementara pada buku bank. 

Baca Juga: Kembangkan superapps, fee based income bank ikut meningkat

“Kami sampaikan, sejalan upaya kami dalam refocusing dari kredit menengah ke bisnis digital. Maka pada Juli 2021, perseroan akan alami kerugian sebagai dampak peningkatan kredit konvensional dan peningkatan pencadangannya,” jelasnya. 

Lanjut ia bank akan tetap melakukan pencadangan terkait risiko kredit itu. Sehingga, pada 2022, bank sudah siap fokus pada digital lending

BCA Digital juga akan terus menjaring nasabah baru sepanjang 2021 ini. Oleh sebab itu, anak usaha PT Bank Central Asia Tbk ini akan akan fokus pada funding product and payment services terlebih dahulu yang akan memfasilitasi berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi Blu.  

“Di awal bulan September ini Blu baru saja meluncurkan fitur nomor rekening cantik, dimana para nasabah baru Blu bisa memilih nomor rekening pilihan mereka masing-masing. Kami juga akan terus fokus mengembangkan dan memperluas skala ekosistem digital Blu dengan menggandeng berkolaborasi dengan partner non-perbankan yang memiliki visi yang sama dan yang sudah menjadi ahli di bidangnya,”  Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital kepada Kontan.co.id pada Senin (27/9). 

Sebelumnya, BCA Digital memberikan fasilitas buka rekening melalui laman Blibli. Lanny menyusut hingga pertengahan September 2021 lebih dari 15.000 rekening blu dibuka lewat layanan Blibli x Blu yang merupakan the first Banking as a Service (BaaS) di Indonesia.

Baca Juga: Bank Banten apresiasi rencana pemisahan diri dari Banten Global Development

“”Kami juga sudah mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 40 miliar lewat rekening yang dibuka dari layanan Blibli x blu  sejak peluncuran kolaborasi ekosistem digital ini pada bulan Juli lalu. Nasabah Blu dapat bertransaksi di aplikasi Blibli, tidak hanya untuk pembayaran pembelanjaan saja, tapi juga untuk melakukan transfer, cek saldo dan mutasi rekening, serta transaksi dengan QRIS,” tuturnya. 

Tak mau kalah, PT Bank Jago Tbk (ARTO) juga merilis layanan baru dengan meresmikan unit usaha syariah (UUS) untuk melayani segmen mass market berdasarkan prinsip syariah. Jago Syariah akan menawarkan solusi keuangan digital yang berfokus pada kehidupan nasabah dengan mengoptimalkan teknologi terkini.

Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar menjelaskan, ide pendirian Jago Syariah bertolak dari situasi saat ini di mana masyarakat semakin terbiasa menggunakan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, termasuk dalam mengakses produk dan layanan bank.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×