kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Lebaran, Pemain Fintech Catat Lonjakan Penyaluran Pinjaman


Minggu, 02 April 2023 / 22:53 WIB
Jelang Lebaran, Pemain Fintech Catat Lonjakan Penyaluran Pinjaman
ILUSTRASI. Ilustrasi Financial Technology (Fintech).


Reporter: Maria Gelvina Maysha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku fintech P2P lending maupun Buy Now Pay Later (BNPL) tengah mencatat peningkatan pembiayaan menjelang lebaran tahun 2023 .

Misalnya PT Investree Radhika Jaya (Investree) yang menerima cukup banyak pengajuan pinjaman dari borrower dengan tujuan spesifik untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, seperti gaji karyawan dan Tunjangan Hari Raya (THR).

“Bahkan sejak awal puasa sudah ada yang mulai mengajukan dan saat ini sedang dalam proses asesmen atau verifikasi,” ujar Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin kepada Kontan.co.id, Sabtu (1/4).

Baca Juga: Bisnis Fintech Memiliki Prospek Menjanjikan

Adapun yang paling banyak mengajukan pinjaman di Investree adalah industri yang bergerak di bidang general supplier (pengadaan) serta bidang kreatif seperti rumah produksi dan agency.

Berdasarkan data kinerja keuangan Investree per 31 Maret 2023, mereka telah mencatat angka total fasilitas pinjaman sebesar Rp 20,92 triliun dengan penyaluran pinjaman Rp 13,21 triliun.

Selain investree, ada PT Astra Welab Digital Arta (Maucash) yang juga mencatat pertumbuhan siginifikan jelang lebaran, khususnya dalam Maupaylater.

Chief Marketing Officer Maucash Indra Suryawan menyebut bahwa pinjaman paylater bertumbuh cukup baik, terutama untuk transaksi pembelian tiket pesawat dan hotel.

“Karena memang kita memiliki juga kerja sama dengan salah satu platform tiketing ya dan memang menunjukkan peningkatan yang cukup baik sampai hari ini,” ujar Indra.

Adapun Indra melihat secara keseluruhan ada kinerja positif awal tahun ini, terutama di bulan Maret. Sepanjang Maret Maucash mencatat penyaluran kredit lebih dari 100%.

“Pertumbuhan kita juga cukup baik, lebih dari 30 persen dibandingkan di bulan Februari,” tandasnya.

Baca Juga: Tercatat Tumbuh Signifikan, Bisnis Fintech Indonesia Kian Menjanjikan

Indra memprediksi jika di bulan April ini akan ada peningkatan lagi karena seiring dengan pertumbuhan kebutuhan dari konsumen menjelang hari besar perayaan lebaran nanti.

Tak kalah, Kredivo juga mengalami pertumbuhan positif dengan adanya peningkatan transaksi paylater Kredivo menjelang lebaran ini sebesar 55% daripada Ramadan tahun lalu.

Ke depan, secara keseluruhan Kredivo optimis dapat mencatatkan pertumbuhan minimal sebesar 70% dari tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×