kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Hilang Uang Tabungan Nasabah BCA Rp 135 Juta Selesai, Ini Penyebab & Solusinya


Selasa, 29 Maret 2022 / 08:43 WIB
Kasus Hilang Uang Tabungan Nasabah BCA Rp 135 Juta Selesai, Ini Penyebab & Solusinya
ILUSTRASI. Kasus Hilangnya Uang Tabungan Nasabah BCA Rp 135 Selesai, Ini Penyebab dan Solusinya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus hilangnya uang tabungan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebesar Rp 135 juta telah berakhir. Penyelesaian kasus hilangnya yang tabungan itu terjadi setelah kedua pihak melakukan pertemuan pada Senin (28/3/2022).

Nasabah Bank BCA yang kehilangan uang tabungan tersebut adalah Hebbie Agus Kurnia. Saat uang tabungannya hilang, Hebbie berada di Bandung. Sedangkan dari pelacakan transaksi, pengambilan dana tabungan itu terjadi di Surabaya.

Mulanya hal yang dialami Hebbie itu dibagikannya melalui media sosial Twitter dan Instagram @hebosto pada Minggu (27/3/2022). Ia merasa ada transaksi mencurigakan berkali-kali pada rekeningnya yang tidak dia lakukan dan menyoroti ketidakpastian BCA soal pengembalian uangnya yang hilang.

"Sehubungan dengan adanya keluhan salah satu nasabah di media sosial terkait dugaan kehilangan sejumlah dana via penarikan ATM, dapat kami sampaikan bahwa BCA telah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan nasabah," ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Persoalan kehilangan uang tabungan di rekening Bank BCA yang dialami Hebbie pada akhirnya diketahui bahwa kartu ATM-nya terkena skimming. Hera pun mengimbau untuk para nasabah BCA melakukan penggantian pin ATM secara berkala agar terhindar dari kejahatan skimming. "Kami mengimbau kepada nasabah untuk dapat mengganti PIN kartu ATM secara berkala. Hal ini akan mencegah kejahatan skimming meskipun kode pin ATM sudah pernah terekam oleh pelaku skimming," kata dia.

Menurut dia, BCA akan selalu memenuhi ketentuan yang diatur regulator perbankan dan berupaya memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. "BCA sebagai lembaga perbankan nasional senantiasa menjalankan operasional perbankan sesuai dengan ketentuan regulator dan otoritas perbankan," ucap Hera.

Baca Juga: Uang Nasabah BCA Bandung Hilang, Ditarik Dari Surabaya, Kerugian Rp 135 Juta

Uang hilang diganti

Sementara itu, Hebbie melalui media sosialnya menjelaskan bahwa persoalan yang dihadapinya telah rampung. BCA bahkan memastikan uang tabungannya yang hilang dalam sehari karena tindakan skimming itu diganti pihak bank. "Alhamdulillah pihak BCA sudah bertanggung jawab dan memenuhi janjinya untuk mengembalikan 100 persen tabungan saya yang hilang," ungkapnya, dikutip dari unggahan di akun Instagram @hebosto.

Hebbie pun menyarankan kepada nasabah BCA lainnya yang mengalami hal serupa untuk bisa melengkapi berkas yang diminta pihak bank untuk bisa segera diproses. Menurut dia, dalam pertemuan dengan pihak bank, dirinya juga telah meminta BCA untuk menyelesaikan persoalan skimming yang dihadapi nasabah-nasabah lainnya.

"Untuk teman-teman yang mengalami hal serupa, saran saya setelah tadi banyak ngobrol dengan pihak BCA, segera lengkapi berkas yang diminta oleh pihak BCA dan buat surat bukti lapor polisi supaya skala prioritas penanganannya naik," tulisnya.

"Saya secara pribadi sudah sampaikan kepada pihak BCA untuk mengusut juga para korban yang mengalami kejadian yang sama persis seperti saya. Saya sangat berharap agar kerugian kalian juga bisa diganti 100 persen dan semoga dengan kejadian ini kalian mendapat gambaran kinerja bank BCA yang seharusnya," tambah Hebbie.

Sebelumnya, melalui unggahan di media sosial, Hebbie mengungkapkan bahwa rekening pribadinya di BCA menunjukkan adanya sejumlah transaksi, baik penarikan uang di ATM maupun transfer, yang menyebabkan uangnya lenyap Rp 135 juta.

"Tabungan gue diambil 135 juta di jam 1 pagi, 27 Maret 2022 via penarikan ATM. Padahal ini (kartu) atm di gue, gue pegang. Gue domisili di Bandung, tapi penarikan ini dilacak di Surabaya kata CS BCA," ungkapnya, seperti dari unggahan di akun Twitter @hebosto, Minggu (27/3/2022).

"Selanjutnya ada transaksi tanpa sepengetahuan gue senilai 100 juta+25 juta ke sesama BCA dan ke Maybank. Tertera juga nama penerimanya," lanjutnya sembari menunjukkan bukti tangkapan layar dari transaksi di rekeningnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Uang Nasabah Hilang Rp 135 Juta, BCA: Permasalahan Sudah Selesai",


Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×