Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Bank KEB Hana akan menggenjot kredit sektor konsumer dalam dua tahun ke depan. Saat ini, penyaluran kredit konsumer Bank Hana masih kurang dari 5% dari total kredit.
Pada 2018, kredit konsumer ini ditargetkan bisa menyumbang 25% dari total kredit. Sebagai informasi, sampai September 2015 hampir 97% total kredit bank asal Korea ini didominasi sektor korproasi dan SME (small medium enterprise).
Menurut Pjs Director Consumer Banking and Operation KEB Hana Bank Anthony Soewandy, upaya meningkatkan kontribusi kredit konsumer ini akan dilakukan bertahap.
Pada 2016 bank yang sekarang dipimpin oleh Lee Jae Hak ini menargetkan sektor konsumer bisa berkontribusi sebesar 18%. Sedangkan pada 2017 ditargetkan sektor konsumer bisa mencapai 20% dari total kredit.
“Kami sudah menyiapkan strategi baik produk maupun infrastruktur, diharapkan target pengembangan bisnis konsumer tercapai,” ujar Anthony, Kamis (26/11).
Untuk mengembangkan bisnis konsumer, KEB Hana fokus ke beberapa produk antara lain wealth management,KPR, bank assurance, mutual fund, fix income, obligasi suku dan fasilitas transaksi valas.
Kedepan diharapkan bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh KEB Hana Bank Korea ini bisa menjadi salah satu penyedia finansial service terbaik dalam bidang konsumer.
Terkait bisnis KPR, menurut Anthony, KEB Hana memiliki produk andalan yaitu KPR Mantap yang mempunyai suku bunga bersaing sebesar 8,8%. Sementara untuk produk bundling deposito tabungan, KEB Hana menawarkan produk infinite 38 yang mempunyai tenor 3 bulan 8 hari, dengan suku bunga 10,38%.
“Kami lebih menyasar segmen affluent, diharapkan dengan ini fee based income kita dari bisnis wealth management mencapai 20% ke depannya” ujar Anthony.
Selain fokus ke produk, KEB Hana juga fokus meningkatkan infrastruktur. Beberapa infrastruktur yang akan ditingkatkan adalah IT untuk menunjang layanan SMS banking dan internet banking.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News