kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembangkan Bank Digital, Bukalapak Gandeng AWS dan Standard Chartered


Jumat, 03 Maret 2023 / 18:34 WIB
 Kembangkan Bank Digital, Bukalapak Gandeng AWS dan Standard Chartered
ILUSTRASI. Dok. Bukalapak


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bukalapak sedang mengembangkan layanan bank digital dengan nama BukaTabungan. Selain menggandeng  Standard Chartered, perusahaan e-commerce ini juga menjalin kerjasama dengan  Amazon Web Services (AWS) dalam pengembangan bank digital tersebut.

Layanan bank digital ini dihadirkan untuk menyasar masyarakat dan pelaku usaha cilik yang tak punya akses ke layanan perbankan selama ini. 

Bank digital ini akan menggunakan produk Nexus Standard Chartered. Nexus merupakan solusi banking-as-a-service (BaaS) yang memungkinkan platform digital seperti e-commerce, media sosial, atau penyedia jasa ride-hailing untuk menawarkan produk finansial seperti kartu debit dan rekening tabungan menggunakan merek paltform digital tersebut. 

Sementara AWS akan berperan menyediakan cakupan layanan dan solusi, termasuk untuk penyimpanan, kontainer, dan database. Dengan dukungan dari AWS, BukaTabungan terhubung dengan program identifikasi berbasis biometrik pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), sehingga calon nasabah dapat membuka rekening bank secara online hanya dalam waktu lima menit tanpa memerlukan dokumen fisik.

Kolaborasi dengan AWS dan Standard Chartered akan membuat infrastruktur BukaTabungan bisa otomatis terhubung dengan platform online dan offline.

Mathias Faure, Chief Technology Officer, Standard Chartered nexus, menjelaskan bahwa solusi nexus memiliki repositori yang dibangun dengan menggunakan Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), sebuah layanan penyimpanan objek, untuk menyimpan data terstruktur maupun tidak terstruktur dalam jumlah hingga satuan terabyte secara terpusat, termasuk informasi transaksi dan rekening nasabah. 

Dengan Amazon Relational Database Service (Amazon RDS), yang memudahkan penyiapan, pengoperasian, dan peningkatan ukuran database relasional di cloud, Standard Chartered nexus menarik data dari repositori, termasuk data riwayat keuangan dan kelayakan pelanggan, untuk menyediakan akses cepat dan mudah ke berbagai layanan keuangan melalui BukaTabungan dari Bukalapak. Sebagai contoh, pengguna BukaTabungan dapat dengan mudah mengajukan berbagai layanan keuangan dan menggunakannya untuk berbelanja di platform Bukalapak. 

Dengan memanfaatkan dukungan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, Standard Chartered nexus memudahkan Bukalapak untuk memenuhi persyaratan residensi data, dengan ketahanan tinggi, latensi rendah, dan toleransi kesalahan yang lebih besar.“Standard Chartered nexus mampu menciptakan berbagai solusi yang inovatif dan mudah diakses bagi perusahaan-perusahaan seperti Bukalapak sekaligus menghadirkan layanan finansial yang penting untuk masyarakat Indonesia yang tidak terjangkau layanan perbankan,” kata Mathias dalam keterangan resminya, Jumat (3/3).

Sementara Gunawan Susanto, Country Manager AWS Indonesia, mengatakan masyarakat Indonesia akan mendapatkan akses mudah kepada layanan perbankan digital lewat BukaTabungan. "Kehadiran BukaTabungan ini akan turut mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mendukung Bukalapak untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik di platform e-commerce.” tambahnya.
 
Dia menambahkan, sektor jasa finansial tengah berkembang pesat di seluruh kawasan Asia Tenggara yang ditandai dengan banyaknya bermunculan perusahaan teknologi dalam pengembangan bank digital. 

Seiring dengan pertumbuhan industri e-commerce Indonesia, lanjutnya, solusi-solusi praktis seperti layanan perbankan digital BukaTabungan kian berperan dalam mendorong inklusi finansial di seluruh negeri. 

"Dengan kehadiran AWS Region di Jakarta, Standard Chartered dapat menyimpan data mereka di sini di Indonesia dan di saat yang sama menikmati manfaat dari standar keamanan terbaik yang dihadirkan oleh infrastruktur kelas dunia ini.” pungkasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×