kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Klaim naik, BPJamsostek maksimalkan layanan Lapak Asik


Sabtu, 13 Juni 2020 / 13:57 WIB
Klaim naik, BPJamsostek maksimalkan layanan Lapak Asik
ILUSTRASI. Peserta mengurus pembayaran klaim di kantor BPJS Ketenagakerjaan, Tangerang


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang memukul dunia usaha berimbas pada kenaikan jumlah klaim BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek). Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto membenarkan, bahwa jumlah klaim peserta hingga Juni 2020 naik.

"Pada awal bulan Juni ini, secara nasional klaim telah mencapai di atas 921.000 kasus dan akan terus meningkat," kata Agus dalam keterangan pers Jumat (12/6).

Meski demikian, BPJamsostek telah siap untuk menghadapi gelombang PHK di tengah pandemi ini. Dengan menyediakan beragam kanal pengajuan klaim yang dapat digunakan peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik), terdiri dari kanal online, offline dan kolektif.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Bayarkan Klaim Perawat Meninggal Akibat Covid-19

Protokol Lapak Asik yang telah diperkenalkan sejak Maret lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id, yang terus disempurnakan.

Bahkan kini peserta yang mengalami kesulitan mengakses Lapak Asik online, dapat dilayani langsung di kantor cabang BPJamsostek di seluruh Indonesia. Sebab, Lapak Asik juga memiliki kanal offline, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Demi memastikan pelayanan berjalan dengan baik, BPJamsostek meninjau secara langsung ke lapangan bersama dengan pimpinan komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, dan beserta anggota M. Yahya Zaini, anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Subiyanto Pudin, Indra Budi Sumantoro, dan Paulus Agung Pambudhi, serta perwakilan dari Kemenko PMK pada hari Jum'at di Kantor Cabang BPJamsostel Cikokol, Tangerang (12/06).

Agus menyebut, layanan offline ini tetap tidak mempertemukan petugas dan peserta secara langsung. Kantor cabang ini menyediakan bilik- bilik yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data.

Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga metode pelayanan ini disebut "One to Many".




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×