kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komunal Raih Pendanaan US$ 8,5 Juta dari East Ventures


Selasa, 17 Januari 2023 / 15:15 WIB
Komunal Raih Pendanaan US$ 8,5 Juta dari East Ventures
ILUSTRASI. PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal), memperoleh pendanaan baru senilai US$ 8,5 juta.


Reporter: Maria Gelvina Maysha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal), perusahaan fintech pertama yang berfokus pada digitalisasi BPR memperoleh pendanaan baru senilai US$ 8,5 juta  atau sekitar Rp 132 miliar yang dipimpin East Ventures (Growth fund).

Dana ini rencananya akan digunakan untuk mengakselerasi misi perusahaan, yaitu untuk mendorong inklusi finansial dan memperkuat ekosistem neo-rural bank di Indonesia, terutama di luar Jabodetabek.

Selama 2022, Komunal telah menyalurkan simpanan dan pinjaman sebesar US$ 230 juta atau setara Rp 3,6 triliun ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan UMKM lokal. Jumlah ini meningkat 350% dibandingkan di tahun 2021 yang senilai US$ 50 juta atau setara Rp 781 miliar.

Baca Juga: Tren Kenaikan Penjualan Reksadana Melalui Fintech Diproyeksi Berlanjut

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 220 BPR dari 19 provinsi di Indonesia yang telah bergabung ke dalam platform DepositoBPR by Komunal.

Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan deposito secara digital kepada ratusan BPR di seluruh Indonesia tanpa tatap muka, tetapi tetap aman karena jaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari bank umum.

Saat ini Komunal memiliki dua lini bisnis, yaitu DepositoBPR by Komunal dan Komunal P2P Lending. Kedua bisnis ini bergerak di industri fintech dengan misi mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia.

DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi marketplace pertama untuk produk Deposito BPR di Indonesia. Sedangkan Komunal P2P Lending adalah Platform P2P Lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

“Kami optimis kolaborasi antara fintech dan incumbent banks (termasuk BPR) akan menciptakan sinergi yang luar biasa. Komunal melihat potensi kemitraan dengan BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM di kota-kota tier 2 dan 3,” ujar CEO Komunal Hendry Lieviant dalam siaran persnya, Selasa (17/1).

Baca Juga: Misteri Bank Index Selindo, Ini Kabar Terbaru Terkait Pemenuhan Modal Intinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×