kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Koperasi Sampoerna luncurkan pinjaman umroh


Selasa, 24 Oktober 2017 / 16:44 WIB
Koperasi Sampoerna luncurkan pinjaman umroh


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - MALANG. Koperasi Karyawan Sampoerna kian agresif ekspansi pasar. Tidak hanya mengandalkan unit usaha simpan pinjam dan ritel, kini koperasi ini tengah menyiapkan produk umrah bagi anggotanya.

Kepala Unit Pelayanan Malang Koperasi Karyawan Sampoerna Sayidun Mustofa mengatakan pada Kontan.co.id, Selasa (24/10), aset Kopkar Sampoerna pada akhir 2016 tercatat Rp 299 miliar. Tahun ini, ditargetkan naik lagi sampai 15%, atau menuju Rp 346,8 miliar.

Kopkar Sampoerna juga menargetkan penyaluran pinjaman mencapai Rp 225 miliar pada tahun ini.

Saat ini Kopkar Sampoerna memiliki tujuh cabang yang tersebar di Surabaya, Pandaan, Karawang, dan Malang. 

Saat ini, Kopkar Sampoerna merangkul 19.600 karyawan Sampoerna. Pengurus Kopkar menargetan dapat mengandeng lebih banyak karyawaran distribusi Sampoerna lantaran saat ini banyak yang belum menjadi anggota koperasi.  

Koperasi ini memiliki unit usaha simpan pinjam dan ritel. Selain itu, koperasi memiliki anak usaha "Potek Pradana" yang bergerak dibidang Farmasi guna memenuhi kebutuhan karyawan Sampoerna.

"Hingga saat ini sudah terhimpun Rp 200 miliar simpanan sukarela anggota," terang Sayidun.

Untuk menggaet lebih banyak peserta, Kopkar Sampoerna membuat produk baru yaitu pinjaman umroh. Koperasi akan membiayai biaya umroh dengan tenor pinjaman dua tahun. 

"Meski masih baru, sudah ada 20 orang yang menggunakan jasa ini. Targetnya semaksimal mungkin karena produk baru," ungkap Sayidun.

Deposito berbunga 7%

Unit pinjaman terbagi menjadi beberapa produk. Pertama, pinjaman reguler 40 juta - Rp 75 juta dengan tenor 2 tahun angsuran dikenakan bunga 0,8%%. Kedua, pinjaman multi guna maksimal 20 juta dengan tenor angsuran 3 tahun dengan bunga pinjaman 1,1%.

Selain itu, Kopkar Sampoerna memiliki simpanan pendidikan maksimal Rp 5 juta dengan suku bunga 0,5% per bulan. Selanjutnya ada produk pinjaman modal usaha bagi karyawan yang juga sebagai pelaku UKM Rp 15 juta hingga Rp 50 juta dengan bunga maksimal 10% per tahun dengan tenor angsuran 3 tahun.

Unit simpanan koperasi ini terdiri dari beberapa produk simpanan wajib Rp 40.000 perbulan. Selain itu Koperasi juga menyediakan simpanan sukarela dengan bentuk tabungan dengan bunga tabungan sebesar 0,5% per bulan. 

Koperasi juga menyediakan produk deposito dengan bunga 6,25% - 7% per tahun. Sayidun bilang sisa hasil usaha (SHU) Kopkar Sampoerna pada akhir taun 2016 sebesar Rp 4,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×