kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS992.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Kredit sindikasi Bank Mandiri bergerak ke arah tren positif pasca pelonggaran PSBB


Senin, 10 Agustus 2020 / 17:07 WIB
Kredit sindikasi Bank Mandiri bergerak ke arah tren positif pasca pelonggaran PSBB
ILUSTRASI. Bank Mandiri. Kredit sindikasi Bank Mandiri bergerak ke arah tren positif pasca pelonggaran PSBB. REUTERS/Beawiharta/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 24 APR FOR ALL IMAGES

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melihat kredit sindikasi mulai bergerak ke arah tren positif setelah adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB). Beberapa deal yang sempat tertunda karena PSBB mulai menggeliat kembali dan menunjukkan adanya diskusi lanjutan.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah membuat kesepakatan kredit sindikasi perbankan tahun ini minim. Meskipun banyak pipeline sindikasi yang ditangani namun pandemi itu bikin para pemilik proyek menunda pembahasan untuk proses pengajuan kredit tersebut. Selain itu, beberapa bank juga saat masa PSBB memilih untuk menunda sindikasi.

Baca Juga: Pacu penyaluran PEN ke UKM, Bank Mandiri siapkan kredit produktif bebas agunan

Namun, bank-bank yang sebelumnya dalam posisi put on hold tersebut sudah mulai menunjukkan pergerakan setelah melihat dampak Covid-19 terhadap laporan keuangan di kuartal II.

"Dengan demikian kami melihat bahwa akan ada beberapa deal yang akan keluar di pasar sindikasi Indonesia dalam waktu dekat," kata SVP Corporate Solution Bank Mandiri Farida Thamrin pada Kontan.co.id, Jumat (7/8).

Selain diskusi mulai berlanjut lagi, Bank Mandiri juga mendapatkan beberapa pipeline baru setelah pelonggaran PSBB. Sementara sebagain besar pipeline sindikasi yang ditangani perseroan saat ini berasal dari sektor telekomunikasi, mining, infrastructure, plantation, properti, consumer goods dan sektor lainnya.

Farida menambahkan, saat ini terdapat beberapa pipeline kredit sindikasi Bank Mandiri yang saat ini sedang dalam proses, ada yang baru mulai dari tahap awal hingga beberapa dalam proses closing atau dokumentasi. Hanya saja, ia tidak menyebut total nilainya.

Baca Juga: Bank kecil akui tren ROA akan terus menyusut, ini penyebabnya

Ketika awal PSBB diberlakukan, Bank Mandiri merupakan satu-satunya bank yang berhasil melakukan launching satu kesepakatan di pasar sindikasi dan saat ini masih dalam tahap closing. Oleh karena itu, bank pelat merah ini memprediksi bahwa sebagian besar pipeline dapat dieksekusi pada tahun ini.

Pasar sindikasi Indonesia di dominasi oleh sektor bank dan institusi finansial non bank sepanjang awal hingga pertengahan tahun. Namun, Farida bilang, akan ada nama-nama korporasi di pasar sindikasi dalam waktu dekat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×