kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kresna Life Cari Modal Jika RBC Tak Capai 120% Usai Konversi Pinjaman Subordinasi


Kamis, 23 Februari 2023 / 10:53 WIB
Kresna Life Cari Modal Jika RBC Tak Capai 120% Usai Konversi Pinjaman Subordinasi
ILUSTRASI. Laman situs?PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life Insurance)


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak kehabisan akal, PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) yang berada di tepi jurang cabut izin usaha kembali mengirimkan surat kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu isi surat tersebut adalah rencana menyuntik modal.

Seperti diketahui, selama ini OJK selalu meminta komitmen Kresna Life untuk menyuntikkan modal sejalan dengan rencana konversi polis menjadi pinjaman subordinasi (SOL). Hanya saja, Kresna Life masih optimistis konversi SOL saja sudah mampu mengangkat RBC di atas 120% tanpa suntik modal.

Dalam surat kepada OJK yang diterima KONTAN, Kresna Life menuliskan bahwa apabila program konversi tidak memenuhi RBC, maka pihaknya akan menggandeng investor strategis atau penambahan modal dari PT Duta Makmur Sejahtera.

Hal tersebut bakal dilakukan selain untuk menyehatkan keuangan perusahaan juga disebutkan untuk membantu likuiditas perusahaan pada saat melakujkan kegiatan usahanya kembali.

Baca Juga: IFG Life Kantongi Laba Rp 145,1 Miliar pada Tahun 2022

Saat dikonfirmasi, Komisaris Independen Kresna Life Nurseto membenarkan rencana tersebut yang sudah dikirimkan ke OJK awal pekan ini. Sembari, meminta waktu perpanjangan agar Kresna Life bisa mensosialisasikan program konversi kembali.

Meskipun demikian, Nurseto tak menyebut berapa modal yang akan disuntikkan oleh Kresna Life saat ini. Ia hanya bilang akan menunggu hasil pemegang polis yang setuju atas program konversi.

“Setelah sosialisasi selesai, dari sana akan ketahuan apakah RBC-nya sudah memenuhi ketentuan apa belum. Dari situ baru ketahuan berapa modal yang harus ditambahkan,” jelasnya.

Terakhir, ia bilang pihaknya masih berupaya untuk  surat persetujuan yg ditandatangani oleh pemegang polis. Dimana sebelumnya yang ditangkap oleh Kresna Life dari surat OJK adalah meminta persetujuan tertulis.

Baca Juga: Jasindo Proteksi Pengunjung F1 Powerboat Danau Toba dengan Asuransi

Dimana, perusahaan akan menyampaikan secara tertulis dan penjelasan lebih rinci mengenai rencana program konversi yang juga dilampirkan formulir surat persetujuan yang nantinya akan ditandatangani oleh pemegang polis.

Ditambah, surat pernyataan tertulis tersebut akan disampaikan juga beberapa risiko yang pernah disebutkan OJK terkait program konversi. Misalnya, pemberi pinjaman subordinasi tidak mempunyai hak atas pembagian dana jaminan Kresna Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×