kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Lelang sepeda Brompton Rp 5 juta, tipuan atau bukan?


Senin, 10 Agustus 2020 / 15:48 WIB
Lelang sepeda Brompton Rp 5 juta, tipuan atau bukan?
ILUSTRASI. Lelang sepeda Brompton Rp 5 juta, tipuan atau bukan?

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Lelang sepeda Brompton dengan harga murah ditawarkan akun Instagram @pt.pegadaian.lelang.id. Harga lelang sepeda Brompton yang ditawarkan sangat murah hanya Rp 5 juta. Benarkah tawaran lelang sepeda Brompton tersebut?

Anda jangan tertipu. Penipuan di media sosial kian menjamur. Salah satunya, berkonsep lelang online barang sitaan yang mencatut nama PT Pegadaian (Persero) di instagram, facebook, dan media sosial lainnya.

Baca juga: Tupperware promo Agustus 2020 spesial kotak bekal makanan, ada diskon 15%

Termasuk oleh akun instagram @pt.pegadaian.lelang.id yang melelang sepeda Brompton dengan berbagai jenis, seharga Rp 5 juta. Jauh di bawah harga pasaran sepeda Brompton yang bisa mencapai di atas Rp 50 juta per unit, yang memang dikenal sebagai sepeda termahal di dunia.

Selain itu, akun ini juga melelang gelang, cincin, dan kalung emas, juga emas batangan Antam. Tentunya harga yang dibanderol jauh dibawah harga pasaran.

Sekretaris Perusahaan Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo mengkonfirmasi bahwa segala lelang online atas nama Pegadaian adalah palsu atau hoaks. Sebab, perusahaan hanya melakukan lelang secara offline. "(Kami) tidak ada lelang online, mereka (akun) abal-abal (palsu)," kata Amoeng ketika dikonfirmasi  Senin (10/8/2020).

Baca juga: Masih khawatir dengan Iran, negara-negara Arab minta PBB lakukan ini

Pegadaian hanya melakukan lelang barang sitaan atau barang jaminan yang jatuh tempo di Kantor Cabang Pegadaian yang ada diseluruh Indonesia, bisa juga lewat bazar atau pameran sehingga transaksi pun bisa dilakukan secara langsung. Nasabah dapat memilih dan meneliti barang yang akan dibeli yang kemudian jika terjadi kesepakatan, baru dilakukan pembayaran.

"Jadi lelang dilakukan langsung di kantor-kantor cabang Pegadaian. Sampai saat ini Pegadaian tidak melakukan program lelang online," kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk melakukan transaksi lelang secara langsung di kantor cabang, bazar, atau pameran yang memang diselenggarakan Pegadaian. Jika mendapatkan informasi tentang lelang online, jangan langsung dipercaya.

Baca juga: Daftar 10 HP tercepat periode Juli 2020

Tetapi lakukan konfirmasi ke call center Pegadaian 021-1500569 untuk mendapatkan informasi yang tepat. "Jangan mentransfer uang kepada pihak-pihak yang tidak dikenal. Serta lapor ke polisi jika telanjur melakukan transfer uang ke pelaku," kata Basuki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Lelang Online Sepeda Brompton, Pegadaian Pastikan Akun Palsu",

Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Yoga Sukmana

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Investasi Reksadana dan Saham (VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2

[X]
×