Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mampu meningkatkan transaksi layanan QRIS.
Direktur BTN Andi Nirwoto menyatakan BTN mencatatkan rata-rata pertumbuhan transaksi QRIS 113% tiap bulan. Penyumbangnya dari transaksi di food and beverage (F&B) dan toko ritel.
“Jumlah merchant BTN sampai Oktober 2021 adalah sebanyak 6.970 merchant. QRIS sangat menguntungkan, hingga Oktober 202 pengendapan dana tabungan dari merchant sebesar Rp 372 miliar,” kata Andi kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.
Selain itu, implementasi QRIS ini juga meningkatkan penggunaan transaksi bagi bank. Juga pengendapan dana dari pengguna transaksi echannel BTN.
Baca Juga: Tingkatkan transaksi QRIS, Bank Mandiri gandeng 1,2 juta merchant
Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta bilang, hingga awal November 2021 terdapat 12,11 juta merchant yang tergabung dalam inisiatif QRIS.
“Transaksi QRIS di September 2021 saja sebanyak 40 juta kali transaksi atau naik 264% yar on year (YoY), sedangkan dari sisi nominal mencapai Rp 2,9 triliun atau naik 248% yoy,” ujar Fili kepada Kontan.co.id.
Ia menambahkan, volume transaksi QRIS di kuartal III-2021 didominasi oleh merchant kategori mikro 38%. Lalu diikuti merchant kategori menengah sebesar 31%.
“Dari 12,11 juta merchant saat ini, 94% merupakan pelaku UMKM. Meski jumlah merchant sudah mencapai target BI, kita tidak berhenti di sini akan terus ekspansi dan kerja sama untuk menyiapkan demandnya agar orang bisa menggunakan QRIS,” papar Fili.
Selanjutnya: Ditopang segmen F&B, transaksi QRIS BCA capai Rp 2,8 triliun per Oktober 2021
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News