kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luncurkan bluDebit Card, blu by BCA Digital Sebut Nasabah Masih Butuh Kartu Fisik


Selasa, 24 Oktober 2023 / 14:20 WIB
Luncurkan bluDebit Card, blu by BCA Digital Sebut Nasabah Masih Butuh Kartu Fisik
Peluncuran bluDebit Card dari blu by BCA Digital.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Digital BCA atau blu by BCA Digital meluncurkan produk terbarunya yakni bluDebit Card, kartu debit fisik pertamanya.

Bekerja sama dengan Mastercard, peluncuran kartu fisik blu by BCA Digital ini menyusul permintaan nasabah yang menginginkan pilihan metode transaksi baru selain menggunakan bluVirtual Card atau kartu debit virtual yang sudah ada lebih dulu.

Head of Card and Personal Loan Business BCA Digital Rainer Sutedja mengatakan pihaknya saat ini sudah menerima banyak pengajuan untuk bluDebit Card.

“Banyak permintaan nasabah terkait adanya kartu fisik debit ini, setidaknya 1/3 dari pengguna virtual card. Ini menjadi opsi mereka untuk dapat mendukung transaksi keuangan sehari-hari, selain menggunakan QRIS ataupun transfer,” kata Rainer saat ditemui dalam konfrensi pers di Jakarta, Selasa (24/10).

Rainer menyebut, kartu debit fisik ini diharapkan dapat menjadi solusi keuangan yang inklusif dan aman bagi para nasabahnya. 

Baca Juga: Begini Strategi Superbank untuk Bersaing di Industri Bank Digital

Asal tahu saja Kartu bluDebit Card ini menjadi kartu fisik pertama dari bank digital yang didesain dan diproduksi dari daur ulang sampah plastik. Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability initiative sesuai pedoman ESG (Environment, Social, and Government) yang dijalankan oleh blu by BCA Digital.

Berbeda dengan kartu debit fisik bank pada umumnya, bluDebit Card ini  hanya mencantumkan nomor kartu dan nama pemilik di bagian belakang kartu saja. Sedangkan informasi terkait tanggal masa berlaku dan nomor CVC hanya dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi. 

Juga telah menerapkan sistem contactless untuk kemudahan dalam berbelanja ataupun melakukan pembayaran di luar negeri. Jadi nasabah hanya perlu mendekatkan kartu ke mesin EDC/POS agar transaksi berjalan cepat, aman dan nyaman.

Penggunaan bluDebit Card bisa untuk seluruh EDC dan ATM yang terkoneksi dengan Alto/Prima untuk pemakaian di dalam negeri. Kartu ini juga didukung oleh Mastercard, memberikan nasabah akses ke jaringan penerimaan global Mastercard yang mencakup lebih dari 90 juta merchant di seluruh dunia.

Baca Juga: Hingga Agustus, Digital Lending Bank Raya Melesat 200%

Dari segi keamanan, jika bluDebit Card hilang atau terdeteksi fraud, nasabah hanya perlu melakukan pemblokiran melalui aplikasi blu agar kartu tidak disalahgunakan oleh orang yang menemukan.

“bluDebit Card ini juga anti boros , karena nasabah dapat mengatur limit kartu di jumlah tertentu, dan akan mendapatkan notifikasi jika transaksi sudah melebihi limit tersebut,” kata Reinar.

Bagi masyarakat atau nasabah blu by BCA Digital yang ingin memiliki Kartu bluDebit Card ini, terlebih dahulu harus melakukan pengajuan pembuatan kartu melalui aplikasi blu. Nasabah dapat memilih menu “Kartu” dan mengikuti ketentuan yang berlaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×