kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri incar kredit ke pengusaha muda


Rabu, 14 September 2016 / 19:14 WIB
Mandiri incar kredit ke pengusaha muda


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk memberikan ruang pinjamam kredit untuk para Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Karena para pengusaha muda ini membutuhkan kredit untuk ekspansi bisnis. Rohan Hafas, Sekretaris Korporasi Bank Mandiri mengatakan, pihaknya memiliki dua program penyaluran kredit untuk WMM yang layak menerima kredit atau bankable.

Misalnya, bagi Wirausaha Muda Mandiri yang bankable akan memperoleh akses pembiayaan melalui fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) jenis ritel. Tujuannya, agar para wirausaha muda dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat tumbuh berkelanjutan. Saat ini, sekitar 5% atau sekitar 100 para Wirausaha Muda Mandiri ada yang menerima pinjaman KUR dari Bank Mandiri.

"Ke depan, Mandiri masih akan memberikan akses KUR kepada Wirausaha Muda Mandiri," katanya, Rabu (14/9). Tentunya ada beberapa syarat bagi mereka yang ingin memperoleh KUR yaitu usahanya harus profit dan berkembang, produksi harus meningkat, keuangan lancar, dan mau bersaing dengan pengusaha lain yang juga mengincar kredit KUR.

Bank berplat merah ini menyiapkan plafon pinjaman KUR hingga Rp 13 triliun di tahun 2016 ini. Sejak Januari 2016 hingga Juli 2016, Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 7,41 triliun kepada 179.724 debitur atau sekitar 57,1%. Rinciannya KUR sebesar Rp 2,33 triliun diteruskan kepada usaha mikro, lalu sebesar Rp 5,07 triliun disalurkan kepada usaha ritel, dan KUR sebesar Rp 3,6 miliar ditujukan kepada TKI.

Rohan menambahkan, selain KUR, Bank Mandiri juga memiliki fasilitas kredit untuk pengusaha muda yang belum bankable namun potensial, yaitu pembiayan kredit melalui program Kemitraan Mandiri dan Bina Lingkungan. Tahun 2016 ini, Mandiri menyiapkan dana kredit untuk kemitraan sebesar Rp 400 miliar, sebagian dana ada yang untuk Wirausaha Muda Mandiri jika mereka potensial untuk diberikan kredit.

Melalui program kemitraan kredit ini, Mandiri memberikan kredit dengan plafon Rp 15 juta dan bunga 3% kepada nasabah. Mayoritas para Wirausaha Muda Mandiri ini yang akan memperoleh pinjaman kredit dari kemitraan akan menjalankan perhelatan Wirausaha Muda Mandiri.

Tahun 2016 ini, Mandiri akan kembali menggelar Wirausaha Muda Mandiri. Para wirausaha muda kategori teknologi untuk layanan keuangan atau Fintech berkesempatan memperoleh program pembinaan serta dukungan pembiayaan untuk pengembangan bisnis melalui Mandiri Capital Indonesia.

Rohan menuturkan, pihaknya menargetkan dapat menjaring 8.100 wirausaha muda baru untuk digali potensinya, dibina, dikembangkan dan selanjutnya dijadikan mitra sinergi pengembangan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×