kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Sekuritas dan BSI Bersinergi Perkuat Investasi Syariah


Selasa, 09 Januari 2024 / 14:35 WIB
Mandiri Sekuritas dan BSI Bersinergi Perkuat Investasi Syariah
ILUSTRASI. Agen pemasaran memperlihatkan kepada pengunjung tampilan virtual Pesta Reksa Dana 2023 usai pembukaan di Jakarta, Rabu (8/3/2023). Mandiri Sekuritas dan BSI Bersinergi Perkuat Investasi Syariah.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Sekuritas meluncurkan layanan investasi #SerbaSyariah melalui kolaborasi dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Pada kesempatan yang sama, BSI juga meluncurkan layanan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) Online bank syariah pertama di Indonesia.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Oki Ramadhana mengatakan, populasi penduduk muslim Indonesia per 2023 mencapai lebih dari 240 juta atau sekitar 85% dari total penduduk lebih dari 278 juta.

Sementara data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah total investor pasar modal Indonesia pada 2023 mencapai lebih dari 12 juta orang.

Dari angka tersebut, tercatat sekitar 137.000 adalah investor saham syariah dari total 5 juta investor saham. Lebih lanjut, Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan pasar modal Indonesia adalah sebesar 4% dan inklusi 5,19%.

Baca Juga: Emiten BUMN di Tengah Sentimen Pilpres, Dividen dan Utang, Cermati Saham Berikut Ini

Sementara literasi keuangan syariah Indonesia sebesar 9,14%, dibandingkan dengan literasi keuangan konvensional yang mencapai 49,6%.

“Angka-angka statistik dan hasil survei literasi serta inklusi keuangan pasar modal tersebut menunjukkan besarnya potensi pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/1).

Lanjutnya, kolaborasi Mandiri Sekuritas dan BSI juga merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mengembangkan ekosistem investasi syariah digital di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, nasabah dan masyarakat memiliki akses berinvestasi di pasar modal syariah yang lebih mudah, luas, dan halal.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyambut baik kerja sama yang membuka akses luas bagi nasabah BSI ke investasi pasar modal syariah ini. Kerja sama ini menandai BSI sebagai full-fledged bank syariah pertama di Indonesia yang meluncurkan pembukaan RDN online syariah.

Baca Juga: Sumber Mineral Global Abadi (SMGA) Gelar IPO, Incar Dana Hingga Rp 183,75 Miliar

“Kami optimistis, sinergi ini dapat memperkuat dan memperdalam industri keuangan syariah di Tanah Air sehingga mimpi besar kami untuk menjadikan Indonesia sebagai episentrum keuangan syariah dunia secara bertahap dapat diwujudkan,” paparnya.

Investasi #SerbaSyariah dan pembukaan rekening efek syariah di Mandiri Sekuritas didukung penuh oleh BSI dengan produk RDN online syariah berupa Rekening BSI Tabungan Efek Syariah yang menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah.

Adapun rekening tabungan ini akan digunakan oleh nasabah untuk penyelesaian transaksi jual beli efek syariah yang sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Baca Juga: Menanti Aliran Cuan Dividen Emiten Bank

Selama masa peluncuran, Mandiri Sekuritas menggelar promosi untuk 1.000 nasabah pertama yang berhasil menyelesaikan pembukaan rekening efek syariah di MOST Syariah dan melakukan deposit dana awal sejumlah minimal Rp 1.000.000, berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa 100 lembar saham BRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×