Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Selain sebagai sarana untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat terhadap produk asuransi, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera juga memanfaatkan mobil mobil literasi edukasi keuangan (SiMOLEK) menjual polis mereka. Langkah ini dinilai sebagai alternatif untuk menjangkau kalangan menengah bawah yang belum banyak memiliki pemahaman soal produk keuangan.
Majdid Ali, Direktur Utama Bumiputera, mengatakan dengan memanfaatkan SiMOLEK di 2014 kemarin, pihaknya berhasil mengedukasi 6.182 orang di 15 kota. Dari jumlah tersebut 406 orang di antaranya membeli polis mereka.
Nah di tahun ini, Bumiputera menargetkan premi dengan memanfaatkan pengoperasian SiMOLEK bisa meningkat sampai dua kali lipat dari realisasi tahun lalu yang mencapai lebih dari Rp 1 miliar. "Kami harapkan perolehan premi dengan cara seperti ini bisa mencapai Rp 2 miliar," kata dia, Senin (6/4).
Alternatif pemasaran dengan menggunakan fasilitas ini disebutnya memang cukup efektif. Dimana setelah masyarakt diedukasi soal manfaat asuransi, mereka bisa langsung menawarkan produk-produk milik Bumiputera.
Target tersebut sendiri menurutnya cukup realistis, mengingat di tahun ini setidaknya mereka akan melakukan edukasi keuangan sebanyak dua kali dengan memakai fasilitas SiMOLEK. Sementara, dari waktu pelaksanaan pun lebih panjang yaitu dari lima hari tiap periode di tahun lalu, kini menjadi sepuluh hari.
Untuk pengoperasian SiMOLEK tahap pertama oleh Bumiputera ini bakal digelar di lima belas daerah dengan menggunakan dua puluh unit mobil. Mulai dari Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Pekanbaru, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, Manado, dan Jayapura.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News