kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank dorong UKM penyandang disabiltas


Rabu, 02 Agustus 2017 / 13:46 WIB
Maybank dorong UKM penyandang disabiltas


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

DENPASAR. PT Bank Maybank Indonesia Tbk bersama Maybank Foundation kembali menggelar program pemberdayaan ekonomi bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE) di Bali minggu lalu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang KONTAN terima, Rabu (02/08), tujuan RISE ini untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitar. Program menerapkan metode pelatihan tiga hari, yang dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 bulan.

Pada masa pelatihan, para peserta penyandang disabilitas dibekali pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir. Selanjutnya program mentoring, para peserta akan didampingi mentor secara personal dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, dengan tujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

Di Bali, program pelatihan diberikan kepada 65 penyandang disabilitas, yakni bagi 35 penyandang disabilitas di Denpasar pada 29-31 Juli 2017, dan 30 penyandang disabilitas di Gianyar pada 2-4 Agustus 2017. Peserta pelatihan di antaranya telah merintis dan membangun usaha di bidang konveksi, makanan, kerajinan tangan dan elektronika.

Pelaksanaan program RISE di Bali ini merupakan awal dari rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.000 penyandang disabilitas yang akan dilakukan selama dua tahun ke depan, di sedikitnya tujuh kota di Indonesia. Program ini menyusul pilot project program RISE sebelumnya yang telah diberikan kepada 211 penyandang disabilitas di Jakarta dan Yogyakarta.

Berdasarkan implementasi Program RISE pilot project hingga Juli 2017, sebanyak 40% peringkat terbaik dari penyandang disabilitas, yang mengikuti program ini, telah berhasil memulai/meningkatkan pendapatan usaha rata-rata hingga 351,8%.

Dengan peningkatan kapabilitas usaha, para penyandang disabilitas bukan hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi sesama komunitas penyandang disabilitas tetapi juga dapat mempekerjakan orang lain, termasuk dari masyarakat marjinal. Sehingga ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitar.

Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×