kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.129   71,00   0,44%
  • IDX 7.065   80,82   1,16%
  • KOMPAS100 1.056   15,21   1,46%
  • LQ45 830   12,54   1,53%
  • ISSI 214   2,04   0,96%
  • IDX30 423   6,62   1,59%
  • IDXHIDIV20 510   7,64   1,52%
  • IDX80 120   1,68   1,42%
  • IDXV30 125   0,50   0,40%
  • IDXQ30 141   1,98   1,43%

Memastikan Layanan Optimal Saat Libur Lebaran, Ini Langkah yang Dilakukan BRI


Kamis, 20 April 2023 / 19:02 WIB
Memastikan Layanan Optimal Saat Libur Lebaran, Ini Langkah yang Dilakukan BRI
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi pembayaran digital melalui aplikasi BRImo.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk kembali melaksanakan BRI Gerakan Siaga Terpadu (BRIGesit) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2023. Langkah ini untuk memastikan layanan dapat berjalan lancar melayani kebutuhan masyarakat.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto, mengatakan bahwa BRIGesit RAFI merupakan operasi kesiapan seluruh layanan BR.  Termasuk salah satunya adalah kesiapan perangkat e-Channel ATM, CRM dan EDC pada saat Ramadan dan Lebaran 1444 H.

“Bulan Ramadan dan Idul Fitri merupakan momentum yang selalu diiringi dengan peningkatan transaksi di tengah masyarakat diseluruh wilayah Indonesia, terutama yang menjadi tujuan atau jalur mudik”, ujarnya dalam keterangan resmi pada Kamis (20/4).

Dalam program ini, terdapat lima aspek layanan utama yang disiapkan mulai dari ketersediaan kas, kesiapan Kantor Layanan Terbatas, e-Channel support, Digital Channel, IT & Network System, dan Campaign Program. Jumlah aspek ini menunjukkan terjadinya perluasan ruang lingkup program BRIGesit ketimbang tahun lalu yang hanya mencangkup layanan e-Channel.

Pertama, BRI akan menjaga kecukupan kas dengan pertimbangan histori kebutuhan pada periode RAFI sebelumnya dan peningkatan transaksi masyarakat. Berkaitan dengan itu juga, BRI memberikan fasilitas penukaran uang yang tersebar di ratusan cabang, masjid, E-Buzz dan Teras Kapal Bahtera Seva I khusus warga Kepulauan Seribu.

Kedua, selama libur Lebaran juga BRI tetap mengoperasionalkan Layanan Terbatas di 163 Kantor di seluruh Indonesia. Meski terbatas, di kantor setempat tetap melayani berbagai keperluan masyarakat terkait aktivitas perbankan, bahkan nasabah juga bisa melakukan pembukaan rekening untuk kebutuhan  klaim asuransi kecelakaan untuk layanan Jasa Raharja, setoran penebusan DO BBM/Non BBM dari SPBU PERTAMINA, dan sebagainya.

Ketiga, BRI akan terus menjaga kehandalan e-channel demi memastikan tidak terjadi kendala dan apabila terdapat kendala dapat segera mengatasinya segera.

Keempat, BRI juga memantapkan semua perangkat yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat menerima uang emisi baru.

Baca Juga: BRI Bidik Transaksi Kartu Uang Elektronik BRIZZI di Musim Mudik Lebaran 2023

Beberapa proses diupayakan di antaranya memetakan mesin ATM & CRM di lokasi prioritas RAFI 2023, memperkuat stok suku cadang mesin, menambah jumlah personil mitra pengelola e-channel, dan maintenance khusus sebelum memasuki periode RAFI 2023. Program tersebut menjadi komitmen perseroan untuk selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat di bulan Ramadan hingga H+10 lebaran.

“Kami pun memastikan ketersediaan kas pada ATM/CRM BRI, serta memonitor khusus seluruh ATM/CRM yang berada pada jalur mudik dan lokasi strategis seperti tempat wisata, stasiun, bandara, pelabuhan dan pusat perbelanjaan dapat beroperasional dengan baik”, ujarnya.

Dari segi Digital Channel, BRI mengoptimalkan aplikasi BRImo dengan menjaga kehandalan aplikasi, mempercepat complain handling, dan monitoring intensif secara real time. Tak hanya itu, BRI juga memastikan kecukupan stok kartu BRIZZI di seluruh Indonesia. Untuk mendukung kelancaran semua fasilitas tersebut, BRI aktif memonitor kehandalan server dan network.

Terakhir, kampanye program-program digital channel BRI, misalnya promo Top Up BRIZZI, aktivasi BRIMO dan pembukaan rekening di rest area, promo merchant lokal, hingga informasi e-Channel BRI di aplikasi waze terus dioptimalisasi. Untuk memperlancar keseluruhan upaya tersebut, Andrijanto mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap berbagai modus kejahatan perbankan.

“Kuncinya hanya satu, nasabah harus menjaga kerahasiaan data transaksi perbankan dan data pribadi yang biasanya menjadi basis dari kejahatan siber ini. Diantaranya adalah username mobile banking, password, PIN dan kode OTP untuk transaksi, serta informasi data perbankan lainnya” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×