kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memburu obral properti lewat lelang KPR


Kamis, 17 September 2020 / 14:30 WIB
Memburu obral properti lewat lelang KPR
ILUSTRASI. BTN dan Repower tawarkan KPR bebas angsuran dan bunga selama 2 tahun

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi yang ingin beli rumah saat ini, KPR lelang bisa jadi alternatif pilihan untuk mendapatkan rumah dengan harga lebih miring. Perbankan kerap melakukan lelang terhadap sitaan agunan KPR macet. 

Harga rumah lelang bekas KPR rata-rata sekitar 80%-90% dari harga pasar. Bahkan ada yang lebih murah dari itu. Jadi silahkan di cek daftar lelang KPR di sejumlah bank, mana tahu jodoh rumah itu anda temukan di situ. 

Bank Mandiri misalnya, punya 427 unit rumah yang sedang dilelang dengan nilai agunan mencapai Rp 523 miliar per September 2020. Jumlah tersebut meningkat sekitar 15%-17% dari periode yang sama tahun lalu. 

EVP Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, harga rumah yang ditawarkan Bank Mandiri lewat lelang KPR rata-rata 80%-90%. Bahkan, ada yang lebih miring lagi bisa mencapai 70%. 

Baca Juga: Lagi Cari Rumah? Beli dari Lelang Agunan KPR Bisa Lebih Murah

"Beli rumah lewat lelang KPR ini juga bisa menggunakan KPR lagi, uang mukanya sekitar 20%-30%," katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (16/9). 

Satyo bilang, KPR lelang ini bisa menjadi tambahan pilihan terutama bagi nasabah payroll Bank Mandiri untuk mencari hunian impian saat ini selain rumah baru. 

Lelang KPR Bank Mandiri yang terjual tahun ini melambat. Padahal, bank ini sudah gandeng 100 broker untuk dorong lelang. Broker sengaja digandeng karena mereka yang punya database nasabah dan juga investor. 

Menurut Satyo penyebabnya karena harga rumah seken lagi murah dan pengembang gencar menebar promo saat ini untuk rumah-rumah ready stock untuk memacu penjualan karena daya beli masyarakat menurun. 

Sampai akhir tahun, Bank Mandiri masih menargetkan sekitar 40%-50% dari rumah yang dilelang bisa terjual atau sekitar Rp 40 miliar per bulan. Untuk info mengenai lelang ini sudah ada di website perseroan.

Bank BTN sebagai spesialis KPR punya jumlah lelang KPR lebih besar lagi. Bank ini menawarkan sebanyak 59.518 unit hunian untuk dilelang dengan nilai Rp 4,43 triliun. Itu tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Di luar KPR, BTN juga melelang aset komersial dan aset syariah sehingga total aset properti yang ditawarkan bank ini lewat lelang mencapai Rp 9,97 triliun.

Tahun ini, BTN menargetkan bisa melakukan pemulihan dari aset bermasalah atau penjualan agunan dari kredit macet sebesar Rp 3 triliun tahun ini. Itu bukan hanya dari KPR saja. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×