kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,95   10,59   1.14%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ada corona, Jamkrindo tetap salurkan pinjaman ke mitra binaan


Jumat, 08 Mei 2020 / 15:09 WIB
Meski ada corona, Jamkrindo tetap salurkan pinjaman ke mitra binaan
ILUSTRASI. Kantor pusat Jamkrindo


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski ada Corona (Covid-19), PT Jamkrindo tetap berkomitmen untuk tetap menyalurkan pinjaman kemitraan kepada mitra binaan. Hal ini bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian khususnya pengusahaan mikro yang belum dapat akses perbankan.

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto menyebut, program kemitraan tersebut untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil dari mitra agar tangguh, mandiri serta memberikan dampak terhadap kesejahteraan mereka.

Baca Juga: BTN: Walau ada pandemi, kinerja masih on track

“Kami tidak hanya memberikan kredit tetapi juga turut melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM mitra binaan,” kata Randi dalam keterangan pers, Jumat (8/5).

Hingga saat ini, Jamkrindo telah memiliki 2.342 mitra binaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan naik kelas menjadi bankable.

Di tengah kondisi pandemi ini, Jamkrindo terus aktif menyalurkan pinjaman kemitraan. Yang terbaru, Jamkrindo menyalurkan pinjaman untuk pengusaha laundry di Bali dan Pekanbaru, serta pengusaha kuliner di Pekanbaru.

Perusahaan juga konsisten mendampingi mitra binaan. Jamkrindo memberikan bantuan pelatihan dan penyediaan sayuran organik dengan sistem tanam hidroponik untuk Asosiasi Homestay Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark, sejak pertengahan Maret lalu untuk memberi nilai tambah bagi homestay dan pendapatan sampingan pemilik homestay.

Baca Juga: Gandeng BNPB dan BPJamsostek, Bank Danamon beri proteksi asuransi ke tenaga medis

Metode pelatihan dilaksanakan secara online untuk menghindari pertemuan atau tatap muka dan para peserta pelatihan dibekali pengetahuan mengenai jaga jarak fisik secara aman serta membatasi kontak fisik sesama anggota Asosiasi Homestay Ciletuh selama proses penanaman sayuran secara hidroponik.

Saat ini, sejumlah pemilik homestay telah melakukan panen sayuran dengan metode tanam hidroponik memanfaatkan pekarangan homestay. Setelah tahap pertama, para pemilik homestay melanjutkan penanaman tahap kedua dan setelah kondisi pulih pasca pandemi Covid-19, sayuran dengan sistem tanam hidroponik akan menjadi media edukasi bagi wisatawan.

Jamkrindo juga melakukan restrukturisasi pinjaman kemitraan bagi mitra yang terdampak pandemi covid-19. Bentuk restrukturisasi itu adalah perpanjangan masa pinjaman atau penundaan pembayaran angsuran dengan mengacu pada pengajuan dari mitra binaan. Hal ini sebagai respons dan tanggung jawab perusahaan dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Perbankan menginjak gas pembukaan rekening daring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×