kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Modal Ventura gencar suntikan dana ke startup


Kamis, 06 Mei 2021 / 16:00 WIB
Modal Ventura gencar suntikan dana ke startup
ILUSTRASI. Peserta mempersiapkan materi sebelum mengikuti Mandiri MCI Demo Day di Jakarta, Senin (27/2).

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Modal ventura semakin gencar menyuntikkan dana ke perusahaan rintisan (startup). Bahkan sejak awal 2021, modal ventura telah menggaet lebih banyak startup untuk dibiayai.

Sebut saja, Mandiri Capital Indonesia dan BRI Ventures yang kompak menyuntikkan dana ke Bukalapak pada April lalu. MDI Venture juga turut berpartisipasi dalam pendanaan Seri C untuk Cermati, fintech yang menawarkan produk finansial.

Tak mau kalah, OCBC NISP Ventura telah menjajaki pendanaan ke satu startup penyedia jasa layanan finansial, GajiGesa pada kuartal I 2021. Perusahaan menargetkan investasi untuk lima startup tahun ini.

Baca Juga: MDI Ventures dan KB-MDI Centauri suntik modal ke penyedia layanan keuangan Cermati

Maraknya pendanaan ke startup sebagai tren positif. Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) memperkirakan pendanaan modal ventura ke startup akan berlanjut walau hadapi situasi pandemi.

"Semester II 2021, akan tetap banyak pendanaan (dari modal ventura). Mengingat, pertumbuhan pangsa pasar di Indonesia masih besar," kata Bendahara Amvesindo Edward Ismawan Chamdani, Kamis (6/5).

Pendanaan ke startup merupakan salah satu penyokong bisnis modal ventura. Jika lihat data secara keseluruhan, OJK mencatat pembiayaan atau penyertaan modal ventura naik 18,67% yoy menjadi Rp 15,82 triliun pada Maret 2021.

Menurut Edward, kenaikan pembiayaan tersebut didorong tiga faktor mulai dari realisasi pembayaran ke perusahaan pasangan usaha. Kemudian kenaikan ekuitas dari masing - masing pasangan usaha serta terbentuk perusahaan pendanaan terbaru dari beberapa modal ventura.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×