kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,21   0,54   0.06%
  • EMAS1.057.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN -0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Muncul ke Publik, Henry Surya Klaim Sudah Selesaikan Pembayaran Homologasi


Sabtu, 18 Februari 2023 / 10:15 WIB
Muncul ke Publik, Henry Surya Klaim Sudah Selesaikan Pembayaran Homologasi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Petinggi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Henry Surya buka suara terkait penyelesaian homologasi terhadap para anggotanya pasca dirinya mendapat vonis lepas dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

Henry bilang bahwa saat ini kewajiban bayar yang saat ini dimiliki oleh KSP Indosurya adalah sekitar Rp 16 triliun. Adapun, sebelumnya dirinya ditahan, KSP Indosurya sudah membayar Rp 2,5 triliun.

“Sebelum saya ditahan saya sudah bayara kurang lebih sesuai dengan homologasi Rp 2,5 triliun di luar cicilan-cicilan, setelah saya ditahan otomatis tidak bisa jalan,” ujar Henry dalam konferensi pers di Grha Surya, Jumat (17/2).

Baca Juga: KSP Indosurya Ditengarai Lakukan Praktik Shadow Banking

Sementara itu, ia juga menjelaskan terkait nilai Rp 106 triliun yang menjadi dakwaannya di pengadilan bahwa angka tersebut tidak benar mengingat ada beberapa data yang berulang.

“banyak yang namanya orang bayar pinjaman atau orang transfer misalnya contoh ke rekening penampungan Rp 1 miliar lalu sama KSP dipindah ke rekening lain, dianggapnya jadi Rp 2 miliar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia bilang setelah ini pihaknya tetap berjanji untuk membayar kewajiban kepada nasabah sesuai dengan hasil PKPU baik itu dengan asset settlement maupun pembayaran homologasi.

Hanya saja, ia mengatakan bahwa pembayaran ini masih perlu waktu untuk diselesaikan. Dimana, ia mengklaim bahwa saat ini sudah ada anggota juga yang bernegosisasi dengan KSP Indosurya untuk melakukan asset settlement.

Baca Juga: Pencucian Uang 12 Koperasi Mencapai Rp 500 Triliun, Ada Kasus Baru yang Bisa Meledak

“Terakhir-terakhir pun saya sudah di luar dan saya juga bisa selesaikan cukup banyak, kita harap speed nya bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Henry berharap KSP Indosurya bisa berjalan lagi dengan diawali menggelar Rapat Anggota Tahunan untuk mengganti beberapa pengurus demi kepentingan anggota yang berjumlah 6.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×