kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai akuisisi Rabobank oleh Bank BCA (BBCA) mencapai Rp 500 miliar


Senin, 08 Juni 2020 / 19:47 WIB
Nilai akuisisi Rabobank oleh Bank BCA (BBCA) mencapai Rp 500 miliar
ILUSTRASI. Gedung BCA

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mesti menggelontorkan uang lebih banyak untuk mengakuisisi PT Bank Rabobank International Indonesia. Dalam publikasi rancangan akuisisinya, Senin (8/6) BCA menaksir nilai sementara akuisisi mencapai Rp 500 miliar.

Sebagai informasi, dalam pengumuman resminya Desember lalu, BCA menyatakan nilai akuisisi Rabobank senilai Rp 397 miliar. Corporate Secretary BCA Raymond Yonarto bilang nilai estimasi akuisis meningkat lantaran perseroan mesti menambah premium bersifat tetap senilai US$ 20,5 juta.

Baca Juga: Halo BCA via WhatsApp praktis dan mudah! Begini cara kerjanya

“Nilai final akuisisi berdasar laporan keuangan aktual saat penyelesaian transaksi yang mengacu ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan dan ditambah premium bersifat tetap US$ 20,5 juta. Sehingga untuk saat ini estimasi total nilai akuisisi adalah Rp 500 miliar,” katanya kepada KONTAN, Selasa (9/6).

Adapun aksi akuisisi Rabobank akan dilakukan oleh BCA untuk mebeli 99,99% saham Rabobank, sedangkan sianya akan diambil oleh entitas anak perseroan yaitu PT BCA Finance. 31 Juli 2020 mendatang BCA juga akan menggelar RUPSLB untuk meminta restu pemegang saham terkait aksi akuisisi ini, sebelum diproses oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Bunga deposito tertinggi BCA 3,95%, Bank Mandiri 5,75%, BNI 5,5%, BRI 5,55%

Adapun jika semua persetujuan dikantongi, BCA berniat untuk melaukan penggabungan usaha entitas anaknya dengan Rabobank. Sayangnya dalam rancangan akuisisi, maupun dalam beberapa kesempatan, Jahja masih enggan membocorkan dengan siapa Rabobank akan digabung.

“Setelah penyelesaian Rencana Akuisisi, Rabobank akan memberi nilai tambah kepada BCA dan entitas anaknya melalui antara lain rencana penggabungan dengan salah satu entitas anak BCA. Potensi penggabungan Rabobank dengan entitas anak BCA akan dikaji sebagai inisiatif strategis untuk memperkuat entitas anak BCA yang akan menerima penggabungan,” sambung perseroan.

Baca Juga: Presiden Komisaris Bank BCA Melego Saham BBCA Saat Harganya Rebound

 

*Pada Selasa (9/6/2020), artikel ini telah diralat di mana nilai akuisisi Rabobank diprediksi akan mencapai Rp 500 miliar, bukan Rp 787,30 miliar. Sebelumnya diberitakan: "Nilai perkiraan sementara rencana akuisisi adalah sekitar Rp 500 miliar. Nilai akhir akan disepakati mengacu ekuitas Rabobank yang disesuaikan pada saat pelaksanaan akuisisi ditambah dengan premium yang bersifat tetap senilai US$ 20,5 juta. Mengacu kurs Senin (8/6) Rp 14.150 per dolar AS, harga premium yang mesti dikucurkan BCA senilai Rp 287,30 miliar. Artinya BCA secara total BCA mesti mengucurkan dana Rp 787,30 miliar."  Demikian ralat ini kami buat. Terima kasih.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×