kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK belum tahu Shinhan Financial mau akuisisi perusahaan multifinance di Indonesia


Senin, 11 Februari 2019 / 17:22 WIB
OJK belum tahu Shinhan Financial mau akuisisi perusahaan multifinance di Indonesia


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Shinhan Financial Group berencana mengakusisi perusahaan multifinance di Indonesia. Hal ini berdasarkan informasi yang dikutip dari laman businesskorea.co.kr, Jumat (8/2). Namun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku belum ada pembicaraan dari Shinhan terkait hal ini.

Nilai akusisi ini diperkirakan US$ 88,81 juta atau sekitar Rp 1,25 triliun. Akusisi ini bertujuan untuk menciptakan sinergi terkait dengan perusahaan pembiayaan.

“Saat ini kami sedang dalam tahap akhir negosiasi untuk mengakusisi perusahaan keuangan konsumen di Indonesia,” tulis pertanyaan resmi Shinhan Financial seperti dikutip businesskorea.co.kr.

Nantinya perusahaan baru yang akan diakusisi ini akan disinergikan dengan Shinhan Indo Finance. Langkah akusisi ini seiring dengan rencana Shinhan Financial Group untuk berekspansi diluar Korea Selatan dengan target kontribusi laba bisnis luar negeri sebesar 20% pada 2020.

Menanggapi ini, Bambang W Budiawan Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2B OJK bilang Shinhan sudah lama berbisnis multifinance di Indonesia yaitu dengan kerjasama dengan Indomobil.

“Dengan brand Shinhan Indomobil Finance,” kata Bambang kepada kontan.co.id, Selasa (11/2).

Bambang memperkirakan, saat ini Shinhan sedang mencari perusahaan pembiayaan dengan model bisnis yang berbeda. Namun sampai saat ini Bambang bilang OJK belum ada pembicaraan baik formal dan informal dengan OJK.

Shinhan Financial sudah lama bekerjasama dengan Indomobil di bisnis pembiayaan. Namun, induk dari korea ingin agar Shinhan Indo Finance lebih dapat meningkatkan bisnis di pasar pembiayaan multifinance.

Sebenarnya, selain perusahaan pembiayaan, Shinhan Financial Group juga mempunyai sayap usaha Shinhan Bank di Indonesia. Bank yang pertama kali masuk ke Indonesia pada 2016 lalu ini tercatat 90% kreditnya terkait dengan korporasi.

Alasan lain Shinhan Financial Group ingin meningkatkan bisnis pembiayaan di Indonesia adalah karena, bisnis kartu kredit patungan antara Shinhan Indo Finance dengan Group Salim mengutip businesskorea.co.kr masih mengalami kerugian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×