kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

OJK paparkan 9 tantangan transformasi digital perbankan, begini cara antisipasinya


Rabu, 10 November 2021 / 20:18 WIB
OJK paparkan 9 tantangan transformasi digital perbankan, begini cara antisipasinya
ILUSTRASI. Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK). KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai terdapat sembilan tantangan yang dihadapi bank dalam melakukan transformasi digital. 

Senior Executive Analyst OJK Roberto Akyuwen menyatakan mulai dari risiko perlindungan dan pertukaran data pribadi, risiko strategis investasi di bidang IT, hingga risiko serangan siber.

“Kemudian kesiapan organisasi, risiko kebocoran data nasabah, penyalahgunaan teknologi, risiko penggunaan pihak ketiga (outsourching), infrastruktur jaringan komunikasi, kemudian ada regulatory framework yang dalam beberapa konteks mungkin dianggap belum sepenuhnya kondusif,” ujarnya secara virtual pada Rabu (10/11).

Ia menyatakan dalam cetak biru transformasi digital perbankan terdapat  aspek yang perlu diperhatikan seksama dalam rangka transformasi digital perbankan. Mulai dari data, teknologi, manajemen risiko, dan tatanan institusi.

Sementara dari sisi pelayanan perbankan, automatisasi pada bisnis proses perbankan tampaknya bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kepuasan nasabah.

Vice President Business Solution Consulting Newgen, Ritesh Varma mengungkapkan, melalui teknologi hyper automation, perbankan bisa semakin terhubung dengan konsumennya.

"Kepuasan yang timbul dari nasabah yang melakukan transaksi di perbankan dengan hyper automation pada akhirnya akan menarik nasabah lainnya untuk ikut merasakan pengalaman bertransaksi yang sama," jelas Ritesh.

Baca Juga: Perbankan menengah besar ikut semarakkan aksi penambahan modal

Ia mengungkapkan, terdapat berbagai teknologi digital dibalik kenyamanan bertransaksi nasabah. Kumpulan teknologi dalam satu platform tersebut adalah kunci dari hyper automation pada perbankan.

Newgen menawarkan kemudahan dalam adaptasi layanan platform hyper automation di sektor perbankan. Melalui layanan ini, perbankan bisa segera mulai untuk semakin mendigitalisasi layanannya demi pengalaman bertransaksi nasabah yang lebih baik.

"Kami terus melakukan berbagai kerja sama dengan perbankan dalam hal hyper automation. Dengan bantuan dari Anabatic, kami mampu mengkostumisasi layanan kami untuk Indonesia," paparnya.

Director Anabatic Technologies, Agus Muljady menambahkan pelayanan yang mudah dan cepat akan menjadi pilihan nasabah. Sejauh ini, jelas dia, para customer lebih memilih layanan yang simple dan mudah.

Maka, banyak nasabah yang berharap, setiap layanan di perbankan dapat dilakukan melalui satu aplikasi saja, yaitu SuperApps yang terintegrasi dengan ekosistem digital favorit. Hal ini tak lain untuk memenuhi kebutuhan nasabah sehari-hari. 

"Personalisasi layanan banking SuperApps diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Ke depannya, persaingan perbankan di area digital bisa dilihat dari persaingan banking SuperApps, seperti produk-produk inovatif, terhubung dengan platform digital favorit, kemudahan melakukan transaksi, tampilan eye-catching, personalize feature, promo dan cashback, serta keamanan bertransaksi," katanya.

Namun, dari segi keamanan bank juga perlu diperhatikan. Secara operasionalnya, bagaimana bank bisa mengamankan datanya. Selain itu, cara pengaturan proses menjaga data agar tidak keluar (bocor) juga harus diperhatikan oleh perbankan.

"Di bank yang sudah besar dan banyak integrasi antar sistem, memang harus ada dokumentasi yang menggambarkan integrasi antar sistem. Sehingga kita tahu bisnis prosesnya apa saja dan bagian mana yang bisa di otomasi," ucap dia

David Formula, Director of Information Technology Maybank Indonesia menyatakan, untuk mengembangkan layanannya agar menjadi semakin digital, cepat, dan aman, teknologi robotik dianggap menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Teknologi robotik yang terintegrasi ini akan diterapkan pada proses-proses bisnis yang terkait customer. Sehingga, terjadi automasi dalam proses bisnis yang pada akhirnya berimbas pada layanan perbankan yang semakin cepat

"Di Maybank kita mulai terapkan teknologi robotik, seperti API, Micro Services, Automation, Analytics, dan lainnya. Ini nantinya akan kita gabungkan," jelas David Formula,

Ia menilai perubahan digital pada perbankan nasional dalam beberapa tahun belakangan bisa dibilang sangat pesat. Kondisi ini berkaitan dengan beralihnya perilaku nasabah dalam bertransaksi yang semakin condong ke digital. Hal tersebut juga sejalan dengan pertumbuhan transaksi digital yang ada di Indonesia.

Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi uang elektronik mencapai Rp 27,64 triliun hingga September 2021. Selain itu, transaksi digital banking juga meningkat 46,72% yoy menjadi Rp 28.685,48 triliun.

Selanjutnya: OJK Bakal Perketat Aturan Kolaborasi Antar Institusi Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×